Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Marak Lelang Laptop Hingga Emas Pegadaian di Instagram, Ini Faktanya...

Lelang yang diselenggarakan Pegadaian adalah jaminan yang sudah menunggak di atas 30 hari.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 21 November 2020  |  04:34 WIB
ilustrasi - Peserta lelang mengajukan penawaran dalam lelang barang gratifikasi dari KPK di kantor Kemenkeu, Jakarta. - Antara / Sigid Kurniawan.
ilustrasi - Peserta lelang mengajukan penawaran dalam lelang barang gratifikasi dari KPK di kantor Kemenkeu, Jakarta. - Antara / Sigid Kurniawan.

Bisnis.com, MEDAN PT Pegadaian (Persero) melaporkan lebih dari 400 akun Instagram yang bermodus lelang online dari perusahaan. Produk lelang ini ditawarkan dengan harga jauh di bawah pasaran.

Edwin S Inkiriwang, Kepala Kanwil I Medan, PT Pegadaian (Persero) meminta nasabah teliti menggunakan sosial medianya.

"Jangan sampai tertipu dengan barang murah dalam lelang online mengatasnamakan Pegadaian. Akun-akun Instagram tersebut menggunakan kata Pegadaian, Pegadaian Syariah dan The Gade, sehingga seolah-olah merupakan akun milik PT Pegadaian," kata Edwin, Jumat (20/11/2020).

Untuk meyakinkan calon korban, beberapa akun instagram mengambil foto karyawan perusahaan dan memanipuiasi data KTP, NPWP, dan kartu pengenal karyawan. Edwin menjelaskan admin akun bodong tersebut membuat rekening bank virtual dengan nama Pegadaian.

Pelaku penipuan menawarkan barang berharga berbentuk emas, baik batangan maupun perhiasan.  Kemudian, calon korban diminta mentransfer uang, tetapi kemudian barang yang dipesan tidak dikirimkan.

Padahal lelang oleh Pegadaian hanya dilakukan di kantor cabang yang ditunjuk. Prosedur perusahaan mengharuskan lelang barang jaminan nasabah dilakukan secara terbuka di setiap cabang atau outlet. Sehingga, nasabah dapat memperoleh dengan baik harga maupun barang yang diinginkannya.

Perusahaan tidak pernah melelang barang jaminan nasabah dengan harga jauh di bawah pasar dan tidak pernah melelangkan secara online.

Adapun, lelang barang jaminan dilakukan PT Pegadaian (Persero) untuk menyelesaikan proses pinjaman yang menunggak minimal 30 hari. Nantinya, uang kelebihan dari lelang tersebut sepenuhnya hak nasabah bersangkutan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lelang pegadaian
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top