Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dear Nasabah Tajir, Ada Simpanan Besar di Bank? Simak Tips Berikut Agar Aman

Nasabah yang memiliki simpanan dalam jumlah besar di bank tetap harus waspada untuk menghindari adanya masalah di kemudian hari.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 22 November 2020  |  09:27 WIB
Petugas teller menata uang rupiah di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Petugas teller menata uang rupiah di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Kasus raibnya dana dana Winda Lunardi senilai Rp22 miliar di PT Maybank Indonesia Tbk. masih hangat dalam pemberitaan. Kasus ini pun bisa menjadi pelajaran bagi nasabah perbankan untuk berhati-hati menjaga simpanannya, terutama memiliki nilai yang besar.

Nasabah yang memiliki simpanan dalam jumlah besar di bank tetap harus waspada untuk menghindari adanya masalah di kemudian hari. Nilai simpanan di bank juga harus memperhatikan tingkat penjaminan yang dilakukan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Dalam akun instagramnya, LPS meminta nasabah yang memiliki simpanan dalam jumlah besar untuk memperhatikan beberapa hal. Apalagi, LPS hanya menjamin simpanan hingga Rp2 miliar per nasabah per bank.

LPS pun membagikan sejumlah tips simpanan uang di bank dalam nominal besar.

Pertama, sebaiknya memiliki beberapa akun rekening dari berbagai bank berbeda. Nilai simpanan yang dimiliki pun sebaiknya dipecah dalam setiap rekening tersebut menyesuaikan dengan penjaminan simpanan LPS.

Kedua, mencetak buku tabungan atau cek saldo tabungan secara berkala. Setidaknya, nasabah harus meakukan pengecekan tabungan minimal satu kali dalam sebulan. Tujuannya, jika terjadi kejanggalan, nasabah dapat segera tahu dan melaporkannya.

Terakhir, tidak memberi tahu nomor PIN ATM, password, dan segala sesuatu yang berkaitann dengan sistem keamanan keapda siapapun.

Dengan tips-tips tersebut, diharapkan kasus hilangnya dana tidak terulang kembali karena dari pihak nasabah telah melakukan tindakan pencegahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tabungan lps simpanan perbankan tips keuangan
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top