Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Belajar Main Saham? Cek Deretan Sekuritas Ini

Setiap perusahaan sekuritas menetapkan setoran awal hingga biaya transaksi yang berbeda-beda. Simak artikel ini untuk membandingkan setiap perusahaan sekuritas agar bisa menghitung modal awal investasi saham.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  16:59 WIB
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas,  Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Belakangan publik figur yang secara terbuka menyatakan bermain saham cukup banyak. Latar mereka pun terbilang bervariasi, mulai dari tokoh agama, seperti Ustaz Yusuf Mansur, hingga publik figur seperti anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dan artis Raffi Ahmad.

Setiap investor harus melalui broker atau perusahaan sekuritas membeli saham.Adapun perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kegiatannya sebagai perantara perdagangan efek (brokerage).
Perusahaan sekuritas

Memilih perusahaan sekuritas tidak boleh dilakukan sembarangan. Sekuritas akan menjadi teman setia dalam mengarungi dunia pasar modal. Oleh karena itu salah satu hal yang harus diperhatikan investor adalah setoran awal dan biaya transaksi. 

Bisnis.com merangkum beberapa perusahaan sekuritas lengkap dengan setoran awal dan biaya administrasi setiap transaksi, berikut catatannya: 

1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia
Mirae menetapkan minimal setoran awal untuk pembukaan akun sebesar Rp10 juta untuk umum dan Rp3 juta untuk mahasiswa.
Fee yang dikenakan sebesar 0,15% untuk transaksi beli dan 0,25% untuk transaksi jual (sudah termasuk pajak).
 
2. Samuel Sekuritas
Samuel Sekuritas menetapkan setoran awal minimum untuk rekening online trading sebesar Rp10 juta. Sedangkan untuk rekening full service, setoran awal minimum ditetapkan sebesar Rp50 juta.
 
3. Indo Premier Sekuritas
Broker satu ini merupakan salah satu broker yang menawarkan pembukaan akun tanpa minimal setoran awal. Artinya kamu dapat memiliki akun saham di Indo Premier tanpa menyetorkan sepeser rupiah. Namun penting diingat bermain saham memerlukan modal.
Saat ini transaksi dikenakan biaya 0,19 persen untuk beli saham dan 0,29 persen untuk jual saham.
 
4. BNI Sekuritas
Sekuritas yang berada di bawah naungan Bank BNI ini menawarkan dua jenis layanan, yakni layanan hybrid (mendaftar langsung ke cabang) dan online.
Untuk layanan hybrid, fee transaksi jual dikenakan 0,25 persen dan fee transaksi jual 0,35 persen, dengan setoran awal sebesar Rp5 juta Sedangkan layanan online, fee transaksi jual dikenakan 0,17 persen dan fee transaksi jual 0,27 persen, dengan setoran awal minimum Rp1 juta.
 
5. Profindo International Securities
Sama seperti Indo Premier Sekuritas, sekuritas ini juga menetapkan deposit awal dana minimal Rp100.000.
 
6. RHB Sekuritas Indonesia
Sekuritas ini juga menetapkan deposit awal yang sangat terjangkau atau Rp100.000. RHB juga memiliki fasilitas margin, di mana limit transaksi hingga dua kali nilai jaminan. Lantas, bunga utang kamu untuk pembelian saham lewat margin ini adalah 18 persen per tahun, tanpa jatuh tempo.
 
7. Mandiri Sekuritas
Mandiri Sekuritas mengharuskan deposito awal minimal Rp10 juta untuk nasabah umum, sedangkan untuk mahasiswa sebesar Rp 5 juta.
Sementara itu, fee jual saham 0,28 persen per transaksi dengan besaran minimum Rp5.000 per hari dan fee beli saham 0,18 persen per transaksi minimum Rp5.000 per hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mandiri sekuritas sekuritas samuel sekuritas indo premier securities mirae
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top