Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonom Proyeksi Suku Bunga BI Masih Bisa Turun 50 Bps Tahun Ini

Beberapa faktor yang dapat mendukung suku bunga tetap rendah di antaranya likuiditas global yang berlimpa, serta keyakinan perekonomian global dan domestik yang akan mulai berangsur pulih.
Karyawan keluar dari gedung Bank Indonesia di Jakarta./JIBI-Dedi Gunawan
Karyawan keluar dari gedung Bank Indonesia di Jakarta./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom memprediksikan penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) masih akan terus berlanjut pada 2021.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah memperkirakan BI pada tahun ini akan tetap melanjutkan kebijakan suku bunga rendah.

Menurutnya, beberapa faktor yang dapat mendukung suku bunga tetap rendah di antaranya likuiditas global yang berlimpa, serta keyakinan perekonomian global dan domestik yang akan mulai berangsur pulih.

Kondisi ini memungkinkan aliran modal masuk ke Indonesia sehingga tekanan terhadap nilai tukar rupiah bisa diminimalkan. Artinya, dalam beberapa wkatu ke depan rupiah akan stabil, bahkan cenderung menguat.

Di sisi lain, Piter memperkirakan inflasi pada tahun ini masih akan berada pada tingkat yang rendah sejalan dengan proses pemulihan ekonomi nasional.

“Berangsur pulihnya ekonomi memang berpotensi meningkatkan kembali inflasi, tetapi inflasi tahun ini masih akan di kisaran target yaitu 3,5 plus minus 1 persen,” katanya kepada Bisnis, Selasa (12/1/2021).

Dia mengatakan dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi dan mempertimbangkan kedua faktor tersebut, maka BI masih akan menerapkan kebijakan suku bunga rendah.

Piter pun memproyeksikan suku bunga acuan masih berpotensi turun, terutama pada semester I/2021. Namun ruang penurunan tahun ini menurutnya tidak akan sebesar tahun lalu, di mana BI memangkas suku bunga acuan hingga 125 basis poin menjadi 3,75 persen.

Apalagi, BI juga masih harus menunggu respon penurunan suku bunga dari perbankan. Pasalnya, suku bunga kredit perbankan masih belum turun seagresif penurunan suku bunga acuan BI.

“Tahun ini Saya perkirakan BI hanya akan menurunkan suku bunga acuan maksimum 50 basis poin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper