Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bobot Risiko Kredit Kendaraan Bermotor Diturunkan? Ini Jawaban OJK

OJK mendukung kebijakan pemerintah berupa penurunan PPnBM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif. Dukungan OJK berupa relaksasi aturan mengenai ATMR kredit kendaraan bermotor.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  13:55 WIB
Ratusan mobil baru yang akan diekspor terparkir di area PT Indonesia Kendaraan Terminal, Sindang Laut, Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara. Kamis (15/3/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Ratusan mobil baru yang akan diekspor terparkir di area PT Indonesia Kendaraan Terminal, Sindang Laut, Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara. Kamis (15/3/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera merilis aturan relaksasi penurunan ATMR terhadap kredit kendaraan bermotor dalam bulan ini. Hal tersebut untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait penurunan PPnBM untuk mobil tertentu pada 1 Maret 2021.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan OJK berupaya menyeimbangkan sektor riil dan perbankan agar tidak terdampak terlalu dalam akibat pandemi Covid-19. Sehingga OJK merilis berbagai kebijakan pada tahun lalu, termasuk restrukturisasi kredit.

Di tahun ini, OJK mendukung kebijakan pemerintah berupa penurunan PPnBM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif. Dukungan OJK berupa relaksasi aturan mengenai ATMR kredit kendaraan bermotor.

"Karena pemerintah sudah mengumumkan PPnBM secara bertahap mulai 1 Maret 2021, kita support dengan dengan menurunkan ATMR terhadap kredit kendaraan bemotor dengan kualifikasi di bawah 1.500 cc," katanya, Kamis (18/2/2021).

Meski begitu, seberapa besar penurunan ATMR kredit kendaraan bermotor tidak disebutkan lebih lanjut. Heru menambahkan OJK juga akan merelaksasi beberapa ketentuan mengenai KPR.

"Berapa persen penurunannya? Tunggu sebelum 1 Maret akan kita keluarkan," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif perbankan kredit
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top