Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perekonomian Syariah Dorong Proses Pemulihan Ekonomi Nasional

Potensi ini telah tampak pada industri perbankan syariah yang tumbuh pada masa pandemi pada 2020 lalu.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  13:04 WIB
Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi saat memberikan sambutan dalam acara perkenalan PT Bank Syariah Indonesia Tbk., Kamis (4/2/2021). - Istimewa
Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi saat memberikan sambutan dalam acara perkenalan PT Bank Syariah Indonesia Tbk., Kamis (4/2/2021). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Ekonomi dan keuangan syariah dapat memiliki andil untuk mendorong proses pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta Inarno Djajadi mengatakan potensi ini telah tampak pada industri perbankan syariah yang tumbuh pada masa pandemi pada 2020 lalu.

"Melalui penyaluran pembiayaan atau kredit selama 2020, pembiayaan yang disalurkan melalui perbankan syariah tumbuh sebesar 8 persen year on year (yoy) lebih tinggi dibandingkan perbankan konvensional yang secara total terkontraksi sekitar 2,41 persen yoy," ungkap Inarno dalam Webinar Era Baru Pembiayaan Syariah di Indonesia, Rabu (17/3/2021).

Menurutnya, pemulihan ekonomi nasional melalui ekonomi dan keuangan syariah bisa diwujudkan melalui dukungan pembiayaan dari lembaga keuangan syariah yang dibutuhkan untuk menjaga pemulihan di sektor prioritas.

Prinsip dasar ekonomi syariah ungkap Inarno, adalah memastikan ektivitas transaksi keuangan yang didasarkan pada aset atau proyek riil sehingga ekonomi syariah dapat berperan penting dalam perbaikan struktur ekonomi, pengembangan sektor riil, dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

Hal ini pun sejalan dengan visi Indonesia maju dan juga menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru yang inklusif dan berkelanjutan.

Di sisi lain, masa pandemi ini juga membawa transformasi digital yang pesat termasuk pada bidang ekonomi syariah yang menurut ISEI diperlukan untuk memperkuat ekosistem ekonomi syariah.

Inarno yang juga merupakan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia ini menjelaskan transformasi digital dan dukungan kebangkitan ekonomi syariah global dapat mendorong penciptaan terobosan inisiatif dan inovasi baru dalam keuangan syariah.

"Inisiatif baru ini memperkuat ekosistem ekonomi syariah yang mensinergikan para pelaku usaha syariah, bisnis syariah, sumber pembiayaan, kelembagaan, infrastruktur pendukung serta pemanfaatan teknologi digital untuk mencapai pertumbuhan yang inklusif, tangguh, dan berkelanjutan," jelas Inarno.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi syariah isei
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top