Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AIAPedia: Mengenal Asuransi Tradisional & Unit Link

Berikut perbedaan asuransi tradisional dan unit link
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 21 April 2021  |  07:00 WIB
Foto: AIAPedia
Foto: AIAPedia

Bisnis.com, JAKARTA - Memilih produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sangat penting bagi nasabah. Secara umum, terdapat dua jenis asuransi yang paling sering didengar dan diminati yakni asuransi tradisional dan asuransi yang di kombinasikan dengan investasi.

Produk asuransi tradisional sering juga disebut sebagai produk asuransi perlindungan, sementara produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) dikenal dengan produk asuransi unit link.

Sekilas kedua produk ini nampak sama. Namun, jika diteliti terdapat banyak perbedaan karena menggunakan pendekatan yang berbeda.

Financial Planner Aidil Akbar mengatakan bahwa produk asuransi perlindungan memberikan penekanan pada perlindungan terhadap satu jenis atau lebih risiko yang berkaitan dengan seseorang yang dipertanggungkan.

Dengan kata lain, asuransi perlindungan memberikan penekanan pada proteksi risiko yang mungkin dialami pemegang polis.

“Manfaatnya bisa berupa proteksi terhadap penyakit hingga pembayaran kepada ahli waris jika tertanggung tutup usia,” katanya.

Adapun asuransi unit link, lanjut Aidil, adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa dan memiliki nilai investasi. Nilai investasi sewaktu-waktu bisa berubah tergantung perkembangan pasar modal.

Foto: AIAPedia

Dengan penekanan pada perlindungan dan investasi, maka premi asuransi yang dibayarkan akan digunakan untuk menanggung segala kerugian atau hal­-hal terkait dengan apa yang diasuransikan sesuai dengan ketentuan polis.

Lantas, dari kedua produk asuransi itu mana yang tepat buat Anda? Aidil menilai kedua produk asuransi itu memiliki perbedaannya masing­-masing. 

“Agar tepat memilih produk asuransi, maka pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga perlu melakukan riset perbandingan,” ujarnya.

Menurutnya, untuk yang sudah berkeluarga dan masih mempunyai banyak kebutuhan, tetapi memerlukan proteksi jiwa yang besar maka kemungkinan asuransi perlindungan sebagai proteksi lebih cocok untuk Anda.

Di sisi lain, bagi yang menginginkan proteksi jiwa dan pada saat bersamaan ada tambahan nilai investasinya, maka asuransi unit link bisa menjadi pilihan. Alasannya, unit link mengandung unsur investasi yang juga perlu dipahami risiko suatu investasi.

Untuk lebih memahami produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, nasabah dapat juga mengobrol langsung dengan tenaga pemasar dari AIA. Tenaga pemasar AIA merupakan profesional yang bisa membantu Anda menentukan produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. #AIAPedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi insurance aia
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top