Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bekerja dari Rumah Buka Potensi Fraud, OJK Dorong Pengendalian Internal Bank

Ketua Dewan Audit sekaligus Anggota Dewan Komisioner OJK Ahmad Hidayat menyampaikan pandemi memuat banyak operasional perbankan berubah.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 29 April 2021  |  18:43 WIB
Ilustrasi - Reuters/Pawel Kopczynski
Ilustrasi - Reuters/Pawel Kopczynski

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mendorong perbankan untuk memperkuat tata kelola kontrol internal. Pasalnya, penerapan kerja dari rumah membuka banyak potensi fraud.

Ketua Dewan Audit sekaligus Anggota Dewan Komisioner OJK Ahmad Hidayat menyampaikan pandemi memuat banyak operasional perbankan berubah. Operasional digital dan hingga maraknya penggunaan metode kerja dari rumah membuat banyak risiko fraud baru yang perlu semakin ketat diawasi.

"Pandemi Covid-19 merupakan sebuah pembelajaran untuk implementasi internal kontrol. Ini merupakan sebuah periode yang membuktikan ketahanan. Orang kerja dari rumah tidak bisa bertatap muka secara sering," sebutnya dalam webminar LPPI, Kamis (29/4/2021).

Dia menyampaikan minimnya aturan spesifik mengenai internal kontrol membuat banyak potensi fraud menjadi lebih tinggi di masa pandemi. Jika aturan sudah memadai, Ahmad kembali mengingatkan manajemen perbankan untuk terus mengawasi perilaku karyawannya dalam mematuhi aturan.

"Bagaimana pun, jika ada aturan tetap saja akan ada upaya untuk melanggar aturan tersebut," tuturnya.

Selanjutnya, Ahmad juga menyampaikan review berkala juga merupakan salah satu upaya yang paling ampuh untuk menanggulangi fraud.

"Manajemen tingkat atas pun juga harus memiliki komitmen yang tinggi dalam penerapan internal kontrol agar implementasi hingga tingkat bawah dapat selaras," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan OJK fraud
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top