Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sasar Gen Z, KEB Hana dan LINE Corporation Resmi Luncurkan LINE Bank

Peluncuran ini menandai beroperasinya layanan LINE Bank di Indonesia sebagai negara yang ketiga, menyusul keberhasilan di Thailand dan Taiwan.
Line Bank by Hana Bank/Istimewa
Line Bank by Hana Bank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) bekerja sama dengan LINE Corporation, salah satu platform seluler terbesar di Asia, dan LINE Financial Asia, secara resmi meluncurkan LINE Bank by Hana Bank (LINE Bank). Peluncuran ini menandai beroperasinya layanan LINE Bank di Indonesia sebagai negara yang ketiga, menyusul keberhasilan di Thailand dan Taiwan.

LINE Bank telah dapat diakses melalui Play Store maupun App Store di Indonesia sejak 10 Juni 2021. Adapun, kemitraan strategis antara LINE dan Bank Hana terbentuk sejak Oktober 2018, ketika LINE Financial Asia mengakuisisi 20 persen saham Bank Hana melalui Perjanjian Penyertaan Modal.

Presiden Direktur Bank KEB Hana Indonesia Jong Jin Park mengatakan KEB Hana sangat bersemangat dalam menghadirkan hal baru di industri perbankan digital Indonesia.

"Di LINE Bank, kami memposisikan diri sebagai teman yang peduli dan sahabat yang dapat diandalkan dalam menyediakan solusi finansial yang mampu memenuhi kebutuhan nasabah di Indonesia. LINE Bank menawarkan sebuah cara yang baru, nyaman, dan juga aman untuk nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan mereka, hal inilah yang kami sebut dengan “Ngebank #CaraLain," kata Jong Jin Park dalam keterangan resmi, Kamis (24/6/2021). 

Kehadiran LINE Bank di Indonesia menyasar pasar Gen Z, yang sudah terbiasa dengan ekosistem LINE, fasih di dunia digital, dan menguasai penggunaan teknologi terkini. Aplikasi baru ini juga menyasar masyarakat dari segmen usia lainnya, yaitu mereka yang lahir dan tumbuh di era kebangkitan digital, sangat terbiasa menggunakan teknologi, serta memiliki tujuan finansial yang jelas.

Director of Consumer Banking Bank KEB Hana Indonesia Anton Hermawan menambahkan Line Bank menawarkan proses pembukaan rekening digital dengan cepat.

“Target kami adalah agar nasabah dapat menyelesaikan seluruh proses pembukaan rekening dalam waktu lebih kurang lima menit. Setelah membuka rekening, nasabah dapat memilih kartu debit yang mereka inginkan dari empat pilihan desain menarik. Desain kartu ini juga menjadi salah satu daya tarik utama yang sangat diminati oleh para nasabah kami. Di LINE Bank kami juga tidak menarik biaya administrasi, transfer, dan tarik tunai,” ujar Anton.

Dimulai dengan peluncuran layanan tabungan, deposito, dan pembayaran, LINE Bank berencana untuk mengenalkan lebih banyak produk dan layanan finansial lainnya, yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Funding Product and Digital Marketing Head Bank KEB Hana Indonesia Hilda Limyanton mengatakan LINE Bank tidak hanya menawarkan aplikasi perbankan digital yang baru, namun juga mengimplementasikan model keuangan terdepan di industri perbankan Indonesia melalui kolaborasi dengan salah satu platform seluler terbesar di Asia.

“Kami percaya bahwa model ini akan menjadi masa depan di industri keuangan. Kami juga yakin bahwa target pasar kami adalah mereka yang menginginkan penyedia layanan finansial yang tidak hanya kredibel, namun juga mampu memberikan pengalaman perbankan yang mudah bagi penggunanya,” kata Hilda. 

Untuk menjaga posisi sebagai teman yang peduli dan sahabat finansial yang dapat diandalkan oleh nasabah, LINE Bank tidak berkompromi dalam menjaga keamanan informasi.

Keamanan berlapis beserta enkripsi end-to-end merupakan sebagian dari praktik yang dilaksanakan dalam system keamanan LINE Bank. Oleh karenanya nasabah dapat fokus melakukan aktivitas perbankan mereka, mengetahui bahwa seluruh informasi dan data mereka terjaga dengan baik.

“Di aplikasi LINE Bank, kami menerapkan berbagai metode untuk autentikasi dua faktor. Tidak hanya itu, seluruh transaksi keuangan juga dipantau, untuk memastikan bahwa sistem keamanan kami memenuhi standar industri perbankan,” ujar Daniel Leonardo, Information Technology Department Head, Bank KEB Hana Indonesia.

Young Eun Kim, Chief Operating Officer, LINE Financial Asia, menambahkan permintaan transformasi digital pada industri perbankan berkembang dengan pesat di seluruh dunia. 

"Khusus untuk Indonesia, adanya keunikan faktor geografis membuat kami yakin bahwa dengan memberikan pelayanan perbankan langsung melalui telepon genggam, kami akan bisa meningkatkan ketersediaan akses serta memberikan kenyamanan lebih bagi nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan. Melalui kerja sama LINE dan Bank Hana, kami akan melakukan yang terbaik agar masyarakat Indonesia dapat menggunakan LINE Bank untuk kehidupan finansial yang lebih nyaman,” tambahnya. 

Kolaborasi antara pengalaman perbankan ritel Bank Hana dengan teknologi digital terdepan yang dimiliki LINE diharapkan mampu mencanangkan model finansial terbaru, yang dapat menjadi masa depan industri perbankan Indonesia.

Kerja sama ini juga diharakan dapat membantu upaya pemerintah dalam mengurangi angka populasi unbankable, yaitu mereka yang memiliki keterbatasan akses layanan finansial, yang saat ini masih mencapai lebih dari separuh populasi Indonesia, yaitu sebesar 51%.

Melanjuti peluncuran resminya di Indonesia, LINE Bank berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan diri agar dapat memenuhi kebutuhan para nasabah, salah satunya dengan menawarkan cara baru dalam melakukan aktivitas perbankan, yang didukung oleh LINE Messenger.

Layanan ini memungkinkan nasabah untuk mendapatkan notifikasi aktivitas finansial dan perbankan mereka melalui aplikasi LINE Messenger. Lebih lanjut, LINE Bank juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak lainnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper