Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukungan Pengendali KB Bukopin Solid, Fitch Rating Pertahankan Peringkat AAA(idn)

Fitch Rating Indonesia (Fitch) memberikan afirmasi atas peringkat yang dimiliki KB Bukopin (BBKP) saat ini yaitu AAA(idn).
Logo KB Bukopin/Istimewa
Logo KB Bukopin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kepemilikan mayoritas KB Kookmin Bank di PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) dinilai semakin meningkatkan kepercayaan publik, termasuk lembaga pemeringkat seperti Fitch dan Pefindo.

Hal itu disampaikan President Director Bank Bukopin Chang Su Choi merespons peringkat AAA (idn) yang disematkan Fitch dan Pefindo kepada perseroan.

Fitch Rating Indonesia (Fitch) memberikan afirmasi atas peringkat yang dimiliki perseroan saat ini yaitu AAA(idn). Sebelumnya pada Oktober 2020, Fitch memperbarui peringkat perseroan dari AA-(idn) menjadi AAA(idn), pasca selesainya transaksi peningkatan modal yang dilakukan berurutan pada Juli dan September 2020, oleh pemegang saham pengendali, KB Kookmin Bank.

Mengutip siaran pers Fitch Ratings, peringkat AAA(idn) yang dimiliki perseroan saat ini menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch untuk skala peringkat nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan untuk penerbit atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar paling rendah relatif terhadap semua penerbit atau obligasi di negara atau kesatuan moneter yang sama.

Di sisi lain Fitch juga menyatakan bahwa Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa perseroan saat ini memiliki induk yang kuat, yaitu KB Kookmin Bank yang memiliki kecenderungan tinggi untuk memberikan dukungan terhadap Perseroan.

KB Kookmin Bank telah mendukung arah bisnis dan fundamental perseroan sejak bergabung pertama kali di tahun 2018 sebagai pemegang saham terbesar kedua.

Sebelumnya, Pefindo selaku Pemeringkat Efek Nasional lainnya juga telah memberikan rating serupa kepada Perseroan. Pada 10 Juni 2021 Pefindo menaikkan peringkat KB Bukopin menjadi idAAA dari sebelumnya berada pada idAA.

Sama halnya dengan Fitch, Pefindo menilai dukungan yang solid dari pemegang saham, terutama KB Kookmin Bank, menjadikan Perseroan memiliki prospek dan outlook stabil di skala nasional.

"Solidnya dukungan pemegang saham pengendali adalah hal penting bagi bank, termasuk bagi KB Bukopin agar dapat mengembangkan usaha dengan berkelanjutan. Pengendalian bank yang baik merupakan bentuk tanggung jawab pada masyarakat, bahwa kestabilan perbankan selalu dijaga,” ujar Chang Su Choi dalam keterangan tertulis di Bursa, Selasa (6/7/2021).

Untuk memanfaatkan momentum ini, Chang Su Choi menyampaikan ambisinya untuk menjadikan perseroan bertansformasi menjadi bank terdepan di Indonesia yang mampu memberikan pelayanan yang mudah dan nyaman sekaligus menjadi bank terdepan dalam digital banking.

“Akses informasi dan transaksi yang cepat, mudah dan sederhana, adalah kunci dari pelayanan kami, termasuk menjadi prinsip pengembangan digital banking KB Bukopin, mengadopsi prinsip yang sama di KB Kookmin Bank. Saat ini kami melanjutkan penguatan teknologi informasi di KB Bukopin sehingga diharapkan segera memberi value yang terbaik bagi nasabah dan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Chang Su Choi, yang pernah menjabat sebagai Komisaris sebelum kemudian ditunjuk menjadi Direktur Utama pada RUPS 17 Juni 2021, mengatakan peringkat tertinggi ini akan memungkinkan KB Bukopin untuk menanamkan kepercayaan yang lebih kuat di pasar, baik bagi investor, nasabah dan masyarakat luas.

"Kami tetap melanjutkan strategi pertumbuhan dengan komitmen kuat berdasarkan kepercayaan ini. Kami juga berharap untuk dapat memperoleh dana segar dari pasar modal dengan kondisi yang lebih kondusif melalui penerbitan obligasi dalam waktu dekat ini,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper