Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Fitur Biometric, MotionBanking MNC Bank (BABP) Amankan Data Nasabah

Biometric adalah cara untuk mencocokkan identitas seseorang dengan ciri fisik dan biologis orang, salah satu ciri fisik yang dipakai adalah sidik jari.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 14 Juli 2021  |  14:45 WIB
Ada Fitur Biometric, MotionBanking MNC Bank (BABP) Amankan Data Nasabah
MotionBanking MNC Bank - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) menggunakan fitur biometric untuk menjaga keamanan data nasabah pengguna Mobile Transaction Indonesia (Motion) Banking.

Chief Digital Forensic PT Digital Forensic Indonesia (DFI) Ruby Alamsyah menjelaskan biometric adalah cara untuk mencocokkan identitas seseorang dengan ciri fisik dan biologis orang tersebut. Salah satu ciri fisik yang dipakai adalah sidik jari.

Penerapan biometric sudah jamak tersedia di gawai-gawai terkini. Banyak gawai seperti ponsel dan laptop sudah menyediakan fitur pemindai sidik jari untuk menyalakan atau mengunci gawainya.

Hal yang sama juga diterapkan MotionBanking. Fitur biometric juga diterapkan untuk masuk ke dalam aplikasi.

Nasabah kini tidak perlu lagi repot mengingat kata kunci atau pola kuncinya. Nasabah pun tidak perlu khawatir datanya dicuri atau disalahgunakan sebab bank tidak akan menyimpan informasi biometric nasabah.

Biometric di gawai untuk memeriksa bahwa yang sedang mengakses gawai adalah orang yang verified dan valid. Lalu nasabah akan tetap transaksi dengan kata kunci atau one time password [OTP] yang mereka miliki,” papar Ruby dalam keterangan resmi pada Rabu (14/7/2021)

Biometric pun dinilai lebih mudah dan nyaman karena tidak perlu dihafal, tidak akan hilang, tidak bisa ditiru, dan tidak bisa dicuri karena hal itu berada di dalam diri kita (sidik jari, wajah atau retina).

MotionBanking MNC Bank hadir untuk nasabah sejak Juni 2021. MNC Bank sebagai unit usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melahirkan MotionBanking untuk mendekatkan layanan perbankan kepada nasabah.

Adapun fitur yang tersedia pada MotionBanking cukup lengkap. Nasabah dapat memanfaatkan fitur transfer dana, top up e-wallet, bill payment, pembayaran kartu kredit MNC Bank, hingga pengajuan cicilan kartu kredit.

Fitur biometric akan diterapkan untuk registrasi rekening simpanan atau kartu kredit. Lewat fitur ini nasabah tidak perlu keluar rumah dan bisa memproteksi diri dari infeksi Covid-19.

Calon nasabah hanya perlu mengisi data pribadi dan mengunggah swafoto dengan e-KTP, tanpa perlu melalui tahapan video call dengan agen MotionBanking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mnc bank mnc internasional mnc bank Digital Banking Bank Digital
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top