Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Bos LPS Beberkan Kondisi Perbankan Saat Ini

Pemerintah telah merilis berbagai kebijakan untuk mendukung daya tahan perbankan nasional dalam menghadapi situasi seperti saat ini.
Karyawan membersihkan logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan membersihkan logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjelaskan mengenai kondisi likuiditas dan permintaan kredit perbankan saat ini.

Dalam keterangan resmi yang diterima pada Jumat (16/7/2021), Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan berdasarkan data, kondisi likuiditas di industri perbankan relatif longgar sebagaimana dilihat dari rasio pinjaman terhadap simpanan (loan to deposit ratio/LDR) yang per Mei 2021 berada pada level 80,66 persen.

Sementara itu, uang beredar (M0) tumbuh 12,43 persen yoy dan pemerintah juga terus berupaya mendorong likuiditas ke sektor riil pada Juni 2021.

“Berdasarkan data Mei 2021, pertumbuhan kredit pada masih terkontraksi sebesar -1,23 persen yoy. Pertumbuhan kredit ini membaik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar -2,28 persen yoy,” jelasnya.

Lebih lanjut, terkait berbagai kebijakan pemerintah untuk mendukung daya tahan perbankan nasional dalam menghadapi situasi seperti saat ini, ia kembali menekankan, bahwa berbagai kebijakan KSSK ditujukan demi menjaga daya tahan perbankan nasional.

“Daya tahan perbankan relatif masih baik dan kami dari KSSK akan terus memonitor perkembangannya dari waktu ke waktu dan akan mengambil kebijakan yang diperlukan tergantung dari situasi dan kondisinya,” ujar Purbaya.

Adapun, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih mengalami peningkatan dan penerapan PPKM darurat, LPS memprediksi akan berdampak pada perekonomian dan mempengaruhi angka pertumbuhan ekonomi yang awalnya diperkirakan mendekati 5 persen. Dia mengatakan pemerintah optimistis dengan berbagai kebijakan yang telah dilakukan, pertumbuhan ekonomi masih dapat tumbuh positif.

“Dengan adanya PPKM selama waktu yang ditentukan, kita masih bisa tumbuh positif sekitar 3,8 persen, dikarenakan uang yang awalnya masih berupa obligasi pemerintah dan juga yang ada di Bank Indonesia, saat ini berkat berbagai kebijakan Komite Stabilitas Sistem Keuangan atau KSSK telah berada di sistem perekonomian. Jadi, pada saat PPKM nanti dibuka kembali, diharapkan ekonomi bisa tumbuh lebih cepat dibanding prediksi semula,” ujarnya.

Terkait dengan meningkatnya kasus Covid-19 yang terjadi akhir-akhir ini dengan pengaruhnya terhadap pertumbuhan kredit, Purbaya mengatakan bahwa pertumbuhan kredit cukup membaik, seperti pada Mei tahun ini masih kontraksi 1,23 persen yoy dari yang sebelumnya kontraksi 2,28 persen yoy.

Diprediksi pada Juli-Agustus penyaluran kredit akan tumbuh positif, tetapi dengan adanya PPKM kemungkinan akan terkendala pertumbuhannya. "Kami masih percaya dengan cukupnya uang yang berada di sistem perekonomian, jika PPKM kembali dibuka, kredit juga bisa tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper