Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Hospital Cash Jadi Jalan Masuk Dorong Masyarakat Sadar Asuransi

Untuk menjadi anggota MDRT, seorang agen asuransi perlu mengantongi target premi tahun pertama sebesar Rp483,33 juta.
Karyawan berkomunikasi didekat logo beberapa perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta, Selasa (15/1/2020). Bisnis/Nurul Hidayat
Karyawan berkomunikasi didekat logo beberapa perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta, Selasa (15/1/2020). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat santunan ketika nasabah dirawat rumah sakit merupakan produk yang cocok sebagai modal awal para agen untuk menjembatani kebutuhan masyarakat di era pandemi Covid-19.

Miliana Marten, Country Chair MDRT atau Million Dollar Round Table Indonesia, wadah agen asuransi profesional dengan premi jumbo mengungkapkan hal tersebut dalam diskusi virtual Perkembangan Industri Asuransi Global dan MDRT Tingkat Dunia, Rabu (28/7/2021).

"Kita harus memahami apa yang saat ini paling relevan dan dibutuhkan masyarakat. Saya sendiri biasanya membantu lewat mengenalkan produk-produk hospital. Setelah pelayanan kita berjalan, komunikasi terbangun, dan nasabah sudah lebih paham, kita lengkapi lagi kebutuhan mereka, apakah dari asuransi jiwa, kebutuhan pensiun, atau lainnya," ungkapnya.

Miliana mengungkapkan, pada era pandemi ini, penting bagi para agen asuransi untuk terus belajar dari para kolega, berani memanfaatkan platform-platform digital yang dimiliki, serta terus haus akan peningkatan profesionalitas dan kompetensi.

Dia berharap, dari total agen asuransi jiwa yang kini mencapai 610.744 orang, jumlah yang masuk ke dalam wadah MDRT semakin banyak. Adapun, saat ini angkanya telah mencapai 3.641 anggota. Miliana sendiri optimistis pada 2022 nanti jumlah anggota MDRT Indonesia dapat mencapai lebih dari 5.000 member.

Sekadar informasi, untuk menjadi anggota MDRT, seorang agen asuransi perlu mengantongi target premi tahun pertama sebesar Rp483,33 juta. Selanjutnya, untuk masuk ke dalam kualifikasi yang lebih tinggi yakni Court of the Table (COT) dan Top of the Table (TOT), agen harus mengumpulkan premi masing-masing sebesar Rp1,45 miliar dan Rp2,9 miliar per tahun.

Akan tetapi, selama tahun pandemi, capaian premi untuk menjadi anggota MDRT mengalami penyesuaian. Sehingga ini menjadi kemudahan bagi para agen asuransi untuk tetap mencapai MDRT di tengah situasi pandemi saat ini.

"Diharapkan dengan adanya penyesuaian, maka agen MDRT di Indonesia semakin banyak yang bertaraf internasional, sehingga akan meningkatkan kualitas agen asuransi di Indonesia. Dengan meningkatnya kualitas agen asuransi maka nasabah pun akan mendapatkan pelayanan yang sangat profesional sesuai code of ethics MDRT," jelasnya.

Untuk memotivasi para agen, komite MDRT pun tengah menggelar Virtual Event ‘MDRT Day Indonesia 2021’ dengan tema Beyond The Horizon. Tujuannya, memberikan wawasan dan berbagi kisah inspiratif di kalangan agen asuransi jiwa dan mendorong profesionalisme agen asuransi melalui peningkatan kompetensi.

"Harapannya, ini tidak hanya berdampak pada produktivitas tetapi juga yang lebih mendasar adalah kapasitas agen asuransi sebagai financial planner yang handal di sektor asuransi dan dapat bersaing sebagai advisor di pasar keuangan global," kata Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2021, Johan Fanggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper