Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tujuh Bank Sepakati Restrukturisasi Utang Waskita Karya

Tujuh bank yang terlibat dalam restrukturisasi tersebut adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang bertindak sebagai leading bank, lalu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank BTPN Tbk., PT Bank Syariah Indonesia Tbk., PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk., dan PT Bank DKI.
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya./wtr.co.id
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya./wtr.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak tujuh kreditur perbankan telah menyepakati pemulihan keuangan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dengan melakukan restrukturisasi utang senilai Rp21,9 triliun dari total Rp29 triliun.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa perjanjian restrukturisasi itu diharapkan bisa memulihkan kondisi keuangan Waskita Karya dan melanjutkan transformasi perusahaan.

“Kami sangat mengapresiasi koordinasi dan kerja sama yang telah dilakukan oleh semua pihak dalam mendukung pemulihan dan transformasi Waskita Karya,” kata Kartika dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Adapun, tujuh bank yang terlibat dalam restrukturisasi tersebut adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang bertindak sebagai leading bank, lalu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank BTPN Tbk., PT Bank Syariah Indonesia Tbk., PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk., dan PT Bank DKI.

Kartika menuturkan bahwa restrukturisasi keuangan Waskita Karya mesti diikuti oleh perbaikan fundamental perusahaan, dengan melakukan transformasi bisnis yang berorientasi terhadap pertumbuhan berkelanjutan.

Menurutnya, momentum restrukturisasi penting tak hanya untuk mempercepat pemulihan, tetapi juga bisa mendorong perusahaan dalam memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional yang sedang berusaha bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

Sementara itu, Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengucapkan terima kasih terhadap dukungan yang diberikan para kreditur dan Kementerian BUMN, sehingga restrukturisasi keuangan tersebut bisa terlaksana.

Momen pemulihan keuangan itu pun langsung direspon perseroan dengan meluncurkan program transformasi bisnis bertajuk ‘Warisan Kita’ yang mengusung tiga pilar utama, yakni portofolio dan inovasi, lean, dan digital.

“Saat ini kami dalam proses transformasi secara total dari segi operasional sampai dengan keuangan. Penandatanganan MRA yang berlangsung hari ini menjadi momentum positif bagi Waskita dan seluruh stakeholder,” kata Destiawan.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sendiri merupakan perusahaan BUMN yang memiliki kontribusi signifikan dalam berbagai pembangunan proyek strategis nasional, termasuk lebih dari 20 proyek jalan tol, seperti tol Trans-Jawa, Trans-Sumatra, serta tol dalam kota Jabodetabek dan Surabaya.

Termasuk pula, pembangunan transmisi listrik, bendungan, fasilitas kereta api dan LRT, bandar udara, dan juga pelabuhan.

Upaya pemulihan kondisi keuangan Waskita Karya muncul seiring dengan tekanan yang dialami emiten berkode WSKT ini sejak 2020. Tekanan itu disebabkan oleh penurunan kinerja dan pendapatan bisnis konstruksi akibat pandemi Covid-19.

Langkah-langkah ekstra diperlukan agar Waskita Karya dapat memenuhi kewajibannya kepada kreditur bank maupun vendor.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, pemerintah melalui Kementerian BUMN selaku pemegang saham utama Waskita Karya membentuk tim Percepatan Restrukturisasi Waskita Karya.

Sementara itu, Waskita Karya menunjuk konsultan independen untuk membantu mengawal perusahaan menjalankan transformasi bisnis, transformasi keuangan, dan pengamanan legal.

Salah satu transformasi keuangan yang akan dilakukan WSKT adalah pengaturan kembali portfolio jalan tol yang sedang atau akan dibangun Waskita demi membantu perusahaan memulihkan kondisi keuangan, sehingga menjadi lebih kuat secara fundamental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Lili Sunardi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper