Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Syariah Indonesia (BRIS) Raih Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2021

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap seluruh kerja keras pegawai perseroan dalam menghadirkan layanan terbaik kepada masyarakat.
Tampilan layar menampilkan Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi memberikan sambutan saat menerima anugerah Bisnis Indonesia Award (BIA) 2021 kategori Bank Terbaik di Jakarta, Rabu (15/9/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardani
Tampilan layar menampilkan Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi memberikan sambutan saat menerima anugerah Bisnis Indonesia Award (BIA) 2021 kategori Bank Terbaik di Jakarta, Rabu (15/9/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardani

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) menyabet penghargaan Bank Terbaik di sektor bank syariah dalam ajang Bisnis Indonesia Award atau BIA 2021, yang digelar secara virtual pada Rabu (15/9/2021).

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia atau BSI Hery Gunardi mengatakan penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap seluruh kerja keras pegawai perseroan dalam menghadirkan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Tentunya, award ini memacu kami untuk selalu berinovasi serta bertransformasi memberikan kinerja dan layanan lebih baik,” ujarnya dalam sambutan di ajang BIA 2021.

Hingga semester I/2021, BSI membukukan laba bersih sebesar Rp1,48 triliun, naik 34,29 persen secara year on year (yoy). Kenaikan laba didorong oleh pertumbuhan pembiayaan dan dana pihak ketiga (DPK), sehingga biaya dana dapat ditekan.

Kualitas pembiayaan tersebut dibuktikan dengan tren penurunan non-performing financing (NPF) gross dari 3,23 persen pada paruh pertama tahun lalu, menjadi 3,11 persen pada semester I/2021.

Sementara itu, sampai dengan 30 Juni 2021, BSI telah merestrukturisasi pembiayaan secara bankwide sebesar Rp 29,42 triliun atau 18,22 persen dari total portofolio pembiayaan.

Pertumbuhan kinerja tersebut juga mendorong kenaikan pendapatan margin dan bagi hasil yang naik sekitar 12,71 persen yoy. Dengan pertumbuhan laba yang signifikan, BSI dapat meningkatkan rasio profitabilitas. Hal itu ditandai dengan meningkatnya Return on Equity (ROE) dari 11,69 persen per Juni 2020 menjadi 13,84 persen per Juni 2021.

Pada semester I/2021, BSI telah menyalurkan pembiayaan hingga Rp 161,5 triliun. Jumlah tersebut naik sekitar 11,73 persen dari tahun 2020 yang sebesar Rp 144,5 triliun.

Porsi terbesar disumbangkan segmen konsumer yang mencapai Rp75 triliun atau setara 46,5 persen dari total pembiayaan. Adapun segmen korporasi sebesar Rp 36,7 triliun atau sekitar 22,8 persen, UMKM mencapai Rp 36,8 triliun setara 22,9 persen dan sisanya segmen komersial Rp10 triliun atau sekitar 6,2 persen.

Bisnis Indonesia Award adalah kegiatan tahunan dari harian Bisnis Indonesia. Pelaksanaan BIA 2021 merupakan yang ke-19 sejak pertama kali dilaksanakan pada 2002.

BIA adalah penghargaan dari Harian Bisnis Indonesia, sebagai navigasi bisnis terpercaya, terhadap pelaku bisnis di Indonesia, khususnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Bisnis Indonesia Award dalam pelaksanaannya menggunakan tema tertentu yang ditentukan oleh redaksi Harian Bisnis Indonesia, berdasarkan pertimbangan tren bisnis dan ekonomi yang menjadi fokus perhatian redaksi selama periode award berlangsung.

Periode yang dimaksud dalam ajang BIA 2021 adalah Laporan Keuangan Periode Tahun 2018 sampai dengan 2020.

Tahapan seleksi penentuan pemenang terbagi dalam tiga tahap. Pertama, screening yang bertujuan menyeleksi nominee berdasarkan kriteria tertentu. Kedua, seleksi kuantitatif. Lima perusahaan yang lolos akan diajukan ke tahap kualitatif.

Tahapan terakhir adalah seleksi kualitatif yang bertujuan menentukan satu pemenang penerima award berdasarkan pertimbangan para dewan juri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper