Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Catat Rp2,99 Triliun Modal Asing 'Kabur' di Minggu Ketiga September 2021

Aliran modal asing yang keluar dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp4,03 triliun dan dari pasar saham sebesar Rp1,04 triliun.
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat sebanyak Rp2,99 triliun modal asing keluar dari pasar keuangan domestik pada minggu ketiga September 2021.

“Berdasarkan data transaksi 13-16 September 2021, nonresiden di pasar keuangan domestik jual neto Rp2,99 triliun,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Jumat (17/9/2021).

Erwin merincikan, aliran modal asing yang keluar dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp4,03 triliun dan dari pasar saham sebesar Rp1,04 triliun.

Di sisi lain, aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan domestik sepanjang 2021 atau secara year-to-date (ytd) tercatat mencapai Rp18,21 triliun.

BI pun mencatat nilai tukar rupiah dibuka stabil pada level (bid) Rp14.250 per dolar Amerika Serikat pada Jumat pagi (17/9/2021). Pada saat yang sama, imbal hasil SBN tenor 10 tahun tercatat meningkat menjadi 6,14 persen.

Erwin menyampaikan, BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Di samping itu, BI juga akan memperkuat langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper