Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Kesalahan Finansial yang Harus Anda Hindari

Ada beberapa kesalahan yang rutin yang sering dilakukan orang-orang dalam mengatur keuangan.
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa orang pernah mengalami kesalahan dalam mengatur keuangan dan bahkan terjebak dengan utang yang menumpuk. Sudah saatnya Anda mencoba untuk menghindari kesalahan dalam mengelola keuangan agar bisa bertahan hidup di masa depan.

Setiap individu harus menghadapi tekanan keuangan dan ketidakpastian pada saat yang sulit di masa pandemi Covid-19, mulai dari kehilangan pekerjaan, meningkatnya utang, pengeluaran tak terduga, atau kombinasi faktor, serta kekhawatiran finansial.

Memang, sejumlah kesalahan sifatnya sepele dan dapat dengan mudah diatasi. Namun, tidak menutup kemungkinan pula bahwa ada kesalahan yang dampaknya begitu besar pada kehidupan finansial Anda kini dan di kemudian hari.

Berikut adalah 10 kesalahan menggunakan uang yang harus Anda hindari, dilansir dari Investopedia, Jumat (17/9/2021):

  1. Pengeluaran yang berlebihan dan sembarangan

Ini hal pertama yang harus Anda hindari. Anda harus mengelola atau bahkan mengatur ulang keuangan Anda agar tidak berlebihan mengeluarkan uang. Walaupun terasa sulit, salah satu langkah ini yang harus Anda ingat. Alih-alih mengeluarkan uang secara berlebihan, Anda bisa menyimpan uang di celengan Anda.

  1. Pembayaran tanpa akhir

Tanyakan pada diri Anda apakah benar-benar membutuhkan barang yang mengharuskan Anda membayarnya setiap bulan, tahun demi tahun.

Misalnya seperti televisi kabel, layanan musik, keanggotaan gym kelas atas atau mengedepankan kebutuhan gaya hidup dapat membuat Anda harus membayar tanpa henti. Namun, Anda tak memilki apa-apa, hanya mementingkan hal seperti itu.

Saat Anda memiliki uang yang cukup banyak, Anda bisa menabungnya dan Anda bisa menerapkan gaya hidup minimalis yang bisa sangat membantu tabungan Anda.

cara mengatur keuangan - kesalahan mengatur keuangan
cara mengatur keuangan - kesalahan mengatur keuangan

  1. Hidup dengan uang pinjaman

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila seseorang menggunakan kartu kredit untuk membeli kebutuhan pokok. Namun, kartu kredit juga bisa menjadi bencana dalam hal keuangan.

Pasalnya, tagihan tersebut harus Anda bayar setiap akhir bulannya. Apalagi jika Anda menunggak atau tidak membayar tagihan tepat waktu, maka Anda akan dikenakan denda dan inilah yang membuat keuangan Anda memburuk.

  1. Beli mobil baru

Jutaan mobil baru terjual setiap tahun, meskipun hanya sedikit pembeli yang mampu membayarnya secara tunai. Namun, ketidakmampuan untuk membayar tunai untuk mobil baru juga dapat berarti ketidakmampuan untuk membeli mobil tersebut.

cara membayar cicilan mobil
cara membayar cicilan mobil

Bila meminjam uang untuk membeli mobil, maka konsumen membayar bunga atas aset yang terdepresiasi. Lebih buruk lagi, banyak orang memperdagangkan mobil mereka setiap dua atau tiga tahun dan kehilangan uang pada setiap perdagangan.

Jika Anda perlu membeli mobil atau meminjam uang untuk membeli mobil, pertimbangkan untuk membeli mobil yang menggunakan bensin lebih sedikit, biaya asuransi, dan perawatan yang lebih murah.

  1. Menghabiskan terlalu banyak di rumah

Ketika Anda ingin membeli rumah, rumah yang lebih besar belum tentu lebih baik. Kecuali Anda memiliki keluarga besar, memilih rumah yang besar akan mempengaruhi pajak, pemeliharaan, dan utilitas yang lebih mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Cara Mengatur Keuangan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper