Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grup Modalku Kantongi Pinjaman US$18 Juta

Dana dari Helicap, Social Impact Debt Fund, dan grup layanan keuangan Jepang yang turut serta dalam pendanaan akan digunakan untuk mengembangkan pinjaman digital bagi UKM.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 07 Oktober 2021  |  11:38 WIB
Co Founder Modalku Reynold Wijaya dan Iwan Kurniawan - Istimewa
Co Founder Modalku Reynold Wijaya dan Iwan Kurniawan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Grup Modalku, platform pendanaan digital UMKM, mengumumkan perusahaan telah memperoleh dana pinjaman sebesar US$18 juta dari sindikasi tiga institusi keuangan, yaitu Helicap Investments, Social Impact Debt Fund. 

Reynold Wijaya, Co-Founder dan CEO Modalku mengatakan pandemi Covid-19  merupakan ujian penting bagi daya tahan Grup Modalku.

Dana dari Helicap, Social Impact Debt Fund, dan grup layanan keuangan Jepang yang turut serta dalam pendanaan akan digunakan untuk mengembangkan pinjaman digital bagi UKM.

“Pendanaan akan kami gunakan untuk terus mengembangkan dunia pinjaman digital bagi UKM. Kami percaya bahwa ini adalah awal mula dari hubungan jangka panjang dan akan memotori evolusi perusahaan secara konsisten ke depannya,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (7/10/2021). 

Dalam kesepakatan fasilitas kredit yang terjamin ini, Helicap Securities bertindak sebagai pengurus utama dengan mandat tunggal. Saat ini Grup Modalku juga tengah berada dalam proses yang lancar untuk menerima pendanaan institusi sebesar US$120 juta dengan tujuan mendanai pinjaman bagi perkembangan UMKM di Asia Tenggara. 

Ronde pendanaan ini juga memperluas basis pendana institusional Grup Modalku. Pendanaan ini diperoleh setelah Grup Modalku melewati pemeriksaan keuangan dan uji kelayakan risiko dengan para pendana. 

Didirikan pada tahun 2015, Grup Modalku menyediakan pinjaman usaha bagi UMKM yang mayoritas didanai pendana individu dan institusional. Grup Modalku menggunakan teknologi untuk mendukung UMKM layak kredit namun tidak memiliki akses ke layanan keuangan melalui platform digitalnya.  

Helicap adalah perusahaan pemberi pinjaman alternatif yang menyediakan peluang pendanaan swasta ke jaringan pemberi dana yang luas seperti family offices (pengelolaan aset dan estate keluarga), individu dengan high net worth (tingkat aset bersih yang tinggi), pengelola dana impact investing, dan pendana institusional. 

Sesuai dengan misinya mendukung pinjaman sustainable atau berkelanjutan, Helicap bergabung dalam ronde pendanaan Grup Modalku menggunakan lengan investasinya, Helicap Investments, setelah kesepakatan diatur oleh lengan sekuritasnya, yaitu Helicap Securities. Helicap berbasis di Singapura.

 “Kami merasa senang dapat mendukung perusahaan seperti Grup Modalku dalam misinya menyediakan akses ke modal usaha bagi UMKM layak yang kurang dilayani institusi keuangan,” kata David Z. Wang, Co-Founder dan CEO Helicap Pte. Ltd., induk perusahaan dari Helicap.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm Modalku
Editor : Rezha Hadyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top