Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BTPN Syariah Ungkap Tujuan Dirikan Modal Ventura Syariah. Untuk Apa?

Modal dasar pembentukan BTPNS Ventura disebutkan senilai Rp80 miliar dan modal ditempatkan dan disetor penuh senilai Rp20 miliar.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  12:32 WIB
BTPN Syariah Ungkap Tujuan Dirikan Modal Ventura Syariah. Untuk Apa?
Pejalan kaki berjalan melewati logo PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk atau BTPN Syariah di Jakarta, Senin (13/1/2020). Bisnis - Dedi Gunawan\\n

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank BTPN Syariah Tbk. (BTPS) mengumumkan rencana pembentukan anak usaha kegiatan usaha modal ventura syariah.

Berdasarkan keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (26/10/2021), perseroan menyampaikan tujuan pembentukan modal ventura syariah tersebut untuk melakukan pengelolaan dana ventura dan kegiatan usaha lain dengan persetujuan otoritas terkait yang seluruhnya dilaksanakan berdasarkan prinsip syariah. Anak usaha baru ini nantinya akan bernama PT BTPN Syariah Ventura (BTPNS Ventura).

Direktur Kepatuhan dan Sekretaris Perusahaan BTPN Syariah, Arief Ismail, menyampaikan anak usaha tersebut akan efektif menjalankan bidang usahanya setelah mendapatkan persetujuan dari otoritas terkait.

"Tujuan dilakukan pembentukan entitas anak adalah untuk menunjang kegiatan usaha dan merupakan aspirasi BTPN Syariah dalam mewujudkan digital ekosistem bagi segmen yang dilayani bank," ujar Arief yang dikutip dari keterbukaan informasi publik melalui BEI, Selasa (26/10/2021).

Adapun modal dasar pembentukan BTPNS Ventura disebutkan senilai Rp80 miliar dan modal ditempatkan dan disetor penuh senilai Rp20 miliar. Sementara terkait kepemilikan saham, BTPN Syariah akan menguasai 99 persen kepemilikan BTPNS Ventura tersebut, sisanya sebesar 1 persen milik PT Bank BTPN Tbk.

BTPS pun menyebutkan tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha BTPN Syariah.

Modal ventura syariah ini telah mendapat persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan resmi berdiri pada tanggal 22 Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah btpn modal ventura BTPN Syariah
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top