Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fintech jadi Pendongkrak Lapangan Kerja Jasa Keuangan pada Kuartal III/2021

Seiring dengan lonjakan digital yang terus berlangsung di Indonesia, para pelaku usaha di bidang jasa keuangan multinasional dan domestik melakukan investasi besar-besaran ke fintech.
Ilustrasi solusi teknologi finansial/flickr
Ilustrasi solusi teknologi finansial/flickr

Bisnis.com, JAKARTA – Spesialis rekrutmen global, Michael Page Indonesia melaporkan bahwa jumlah lapangan kerja pada kuartal III/2021 mengalami peningkatan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Peningkatan jumlah lapangan kerja pada periode tersebut didominasi oleh beberapa lowongan pekerjaan, seperti di bidang jasa keuangan yang menyumbang 45 persen, digital mencapai 14 persen, dan teknologi menyumbang 13 persen.

Olly Riches, Presiden Direktur Michael Page Indonesia & Filipina, mengatakan seiring dengan lonjakan digital yang terus berlangsung di Indonesia, para pelaku usaha di bidang jasa keuangan multinasional dan domestik melakukan investasi besar-besaran ke dalam teknologi finansial (tekfin) atau fintech.

Menurutnya, hal itu merupakan kunci utama bagi penduduk Indonesia untuk bisa mengakses dompet elektronik, melakukan pembayaran daring, serta mengelola seluruh kegiatan perbankan dan asuransi mereka.

“Juga terdapat persaingan tajam antara perusahaan jasa keuangan tradisional dan perusahaan rintisan fintech baru untuk mendapatkan karyawan Indonesia bertalenta saat ini, yang benar-benar menggerakkan kegiatan perekrutan yang sehat,” ujarnya, Selasa (2/11/2021).

Demikian pula dengan kenaikan peluang kerja di sektor digital yang mencapai 14 persen. Hal ini sekali lagi didominasi oleh unicorn teknologi yang memprakarsai pertumbuhan di Indonesia, dan dipicu oleh perubahan gaya hidup saat ini karena pandemi.

Olly menuturkan Indonesia memiliki penduduk usia muda yang tahu cara melakukan pesan antar ke rumah dan berbagai layanan daring, sehingga menjadikannya sebagai demografi yang sangat menarik untuk pertumbuhan pesat di ruang ini.

“Kami telah menyaksikan peningkatan yang cukup besar dalam lapangan pekerjaan serta dalam perusahaan ekuitas swasta dan modal ventura untuk bisnis portofolio mereka, yang sering kali di bidang digital dan teknologi,” lanjut Olly.

Seiring dengan semakin terhubungnya orang-orang, kini, penduduk Indonesia yang tinggal di lokasi lebih jauh juga memiliki akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi.

Agar dapat menyediakan berbagai layanan penting ini terhadap populasi yang lebih besar, Medtech (medical technology) dan Edtech (education technology) juga muncul sebagai salah satu area pertumbuhan utama untuk menjangkau warga yang tinggal di luar kota-kota besar.

Teknologi yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada berbagai platform tersebut juga telah menciptakan kenaikan sebesar 13 persen dalam peluang kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper