Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Dilonggarkan, Dana Darurat Hingga Asuransi Tetap Penting Disiapkan

Asuransi dapat melindungi diri dari risiko kesehatan tak terduga sehingga dapat melindungi finansial dan keluarga.
Ilustrasi menabung dana darurat/Freepik.com
Ilustrasi menabung dana darurat/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Status Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jakarta telah turun ke level 1. Meski PPKM telah dilonggarkan, masyarakat diharapkan untuk tidak lengah guna menghindari adanya gelombang ketiga dari Covid-19.

Oleh karena itu, perencana keuangan sekaligus Financial Educator Lifepal, Aulia Akbar mengungkapkan beberapa hal yang harus diwaspadai masyarakat saat penerapan PPKM yang kini lebih longgar.

Diharapkan tips dari Lifepal, sebagai salah satu marketplace asuransi, dapat memberikan kenyamanan ekstra saat menjalani aktivitas di tanah air. Berikut hal-hal yang harus diwaspadai masyarakat di tengah pelonggaran PPKM:

1. Tetap terapkan protokol kesehatan dengan ketat

Penerapan protokol kesehatan menjadi kunci dalam penanganan pandemi. Meski telah mendapatkan vaksinasi, hal tersebut tidak menjadi faktor mutlak bahwa kita akan terhindar atau tertular dari Covid-19. Oleh karena itu, tetap gunakan masker saat kalian sedang beraktivitas di luar rumah seperti di kantor, mall, ataupun tempat publik lainnya. Masker telah terbukti tidak hanya melindungi diri kita sendiri, namun juga melindungi orang lain.

Selain itu, jangan lupa untuk terus menjaga jarak yang aman antara satu dengan yang lain. Dengan sebisa mungkin untuk menghindari kontak langsung yang tidak perlu, maka kita mampu meminimalisir kemungkinan penularan virus. Kalian juga bisa membawa hand sanitizers untuk membersihkan permukaan seperti meja kantor, gagang pintu dan lainnya sebelum terkena kontak.

2. Pastikan dana darurat Anda tetap aman

Ketika PPKM lebih longgar, tidak dipungkiri bahwa akan ada banyak godaan yang bisa membuat Anda jadi lengah untuk menggunakan dana tersebut. Misalnya, keinginan untuk pergi liburan ketika sudah lama berdiam diri di rumah.

Jangan sampai dana darurat tersebut jadi digunakan untuk kepentingan hiburan bersama keluarga. Sebab, baik Anda yang berstatus karyawan maupun wirausahawan, wajib sekali menyediakan dana darurat di masa pandemi ini.

Tujuan dari dana darurat bukan hanya untuk membayar segala bentuk kebutuhan yang bersifat mendadak saja, melainkan sebagai dana menyambung hidup jika penghasilan kita hilang atau berkurang.

Bagi Anda karyawan dengan status memiliki tanggungan, siapkan enam kali pengeluaran bulanan. Sementara itu, bagi Anda yang berstatus pengusaha, disarankan untuk memiliki 12 kali pengeluaran atau lebih. Alasannya, karena penghasilan sebagai pengusaha lebih tidak menentu, apalagi di masa pandemi seperti ini. Untuk lebih mudahnya, hitung saja dulu pengeluaran per bulannya, setelah itu Anda bisa menentukan dana darurat yang sesuai.

3. Lindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan dan jiwa

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak orang mulai sadar pentingnya asuransi kesehatan. Tentu bukan lagi rahasia ketika sakit, kita akan membutuhkan biaya pengobatan yang jumlahnya tidaklah sedikit. Dengan adanya perlindungan melalui asuransi, maka dapat melindungi diri dari risiko kesehatan tak terduga sehingga dapat melindungi finansial dan keluarga.

Oleh karena itu, apabila Anda sama sekali belum memiliki asuransi, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Di Lifepal.co.id, Anda akan mendapatkan dan membandingkan berbagai pilihan asuransi yang tersedia dengan mudah.

Asuransi kesehatan akan mengcover biaya kesehatan, meliputi biaya kamar di rumah sakit, rawat jalan, pengobatan, dan persalinan, sesuai dengan polis yang dimiliki. Bahkan, bila Anda membeli asuransi kesehatan dengan sistem cashless, tak perlu lagi menyiapkan dana talangan.

Sedangkan asuransi jiwa akan berguna sebagai bekal bagi keluarga yang ditinggalkan. Ketahuilah bahwa risiko hilangnya penghasilan bila si pencari nafkah kehilangan kemampuan dalam bekerja, baik karena kehilangan fungsi anggota tubuh atau meninggal dunia, cukup berat. Bahkan, impian anggota keluarga kita jadi kandas dan bisa menjadikan anak generasi sandwich.

Karena itu, penting bagi Anda melindungi diri dan keluarga untuk meminimalisir hal-hal tak terduga yang tidak diinginkan. Itulah hal-hal yang harus diwaspadai dalam kondisi PPKM yang kini lebih dilonggarkan oleh pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper