Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal III/2021, Maybank Group Bukukan Laba Bersih RM1,68 Miliar

Sementara itu, pendapatan operasional bersih Maybank Group untuk kuartal III/2021 tumbuh tipis, yakni sebesar 1,2 persen menjadi RM6,15 miliar.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 28 November 2021  |  13:58 WIB
Kuartal III/2021, Maybank Group Bukukan Laba Bersih RM1,68 Miliar
Gedung Maybank di Kuala Lumpur, Malaysia - maybank.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Maybank Group mengumumkan raihan laba bersih yang turun menjadi RM1,68 miliar, dari RM1,95 miliar pada kuartal III/2021 akibat penurunan pendapatan fee sebesar 26,6 persen menjadi RM1,43 miliar.

“Penurunan terutama disebabkan oleh penurunan pendapatan investasi dan trading, serta peningkatan net impairment losses akibat pencadangan provisi tambahan secara proaktif yang dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai tingkatan pembatasan mobilitas yang diterapkan di Malaysia, Singapura, dan Indonesia selama kuartal ketiga,” tulis Maybank Group dalam keterangan tertulis, Minggu (28/11/2021).

Sementara itu, pendapatan operasional bersih (net operating) untuk kuartal III/2021 tumbuh tipis, yakni sebesar 1,2 persen menjadi RM6,15 miliar dari RM6,08 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan net fund based sebesar 14,3 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi RM4,72 miliar.

Bank dengan aset terbesar keempat di Asia Tenggara ini mencatat laba sebelum pajak (PBT) sebesar RM2,27 miliar pada kuartal III/2021, turun dari RM2,61 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Maybank juga mencatat laba operasional Grup sebelum provisi (PPOP) yang tercatat turun menjadi RM3,33 miliar dari RM3,37 miliar pada kuartal III/2020.

Akibatnya, net impairment losses berada pada angka RM1,13 miliar dibandingkan RM805,9 juta pada periode yang sama tahun lalu sebagai akibat dari pemberlakuan pembatasan mobilitas pada kuartal III/2021.

“Grup terus melakukan pencadangan provisi secara proaktif, melalui penerapan manajemen overlay bagi debitur yang masuk ke dalam program Repayment Assistance dan memfasilitasi pemutihan [write-off] untuk sejumlah nasabah,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maybank grup maybank kinerja bank laba bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top