Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buruan! KUR Bunga Rendah 3 Persen sampai Desember 2021, Ini Syarat Daftar

Pelaku UMKM yang mendapatkan pinjaman KUR hanya perlu membayar bunga sebesar 3 persen, dari sebelumnya 6 persen per tahun dengan adanya subsidi dari pemerintah.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 30 November 2021  |  13:49 WIB
Pekerja menjemur kerupuk mie kuning di rumah industri kerupuk Desa Harjosari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (16/12/2018). Pemerintah menargetkan subsidi kredit usaha rakyat (KUR) dalam RAPBN 2019 mencapai Rp 12,2 triliun. - ANTARA/Oky Lukmansyah
Pekerja menjemur kerupuk mie kuning di rumah industri kerupuk Desa Harjosari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (16/12/2018). Pemerintah menargetkan subsidi kredit usaha rakyat (KUR) dalam RAPBN 2019 mencapai Rp 12,2 triliun. - ANTARA/Oky Lukmansyah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tahun ini, pemerintah menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp285 triliun. Nilai tersebut naik Rp32 triliun dari target awal, yang sebesar Rp253 triliun.

Adapun, pencapaian realisasi KUR selama masa pandemi pada 2020 adalah sebesar Rp198,53 triliun. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan masa pra-Covid 2019 yang nilainya mencapai sekitar Rp140,1 triliun.

Sejak Januari hingga September 2021, penyaluran KUR telah mencapai 63 persen dari target tahun ini yang nilainya sebesar Rp285 triliun.

Pemerintah pun memberikan tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen untuk membantu sektor UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Dengan demikian, pelaku UMKM yang mendapatkan pinjaman KUR hanya perlu membayar bunga sebesar 3 persen, dari sebelumnya 6 persen per tahun.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. "Tiga persen sisanya merupakan subsidi dari pemerintah. Jadi, para nasabah tidak wajib melakukan pembayaran bunga hingga enam persen," katanya pada Senin (4/10/2021).

Tambahan subsidi bunga KUR tersebut dapat dinikmati pelaku UMKM hingga Desember 2021. Selain itu, pemerintah juga menaikkan plafon KUR tanpa jaminan menjadi Rp100 juta.

Bagi anda yang ingin mendapatkan KUR, simak syarat dari 3 bank BUMN, yaitu BRI, Bank Mandiri, dan BNI. Simak selengkapnya!

1 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm kredit usaha rakyat kur Subsidi Bunga
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top