Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkominfo Sebut Sektor Jasa Keuangan Digital Dorong Hilirisasi Ekonomi

Sebanyak 16,4 juta UMKM atau 26 persen dari total UMKM telah terintegrasi dengan pasar digital.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  14:33 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\r\n\r\n
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan sektor jasa keuangan digital telah mendorong hilirisasi ekonomi digital yang akseleratif, inklusif, dan memberdayakan.

Di industri fintech lending, misalnya, pada Oktober 2021 terdapat 104 penyelenggara fintech yang menyalurkan total dana pinjaman sekitar Rp13,6 triliun kepada 12,9 juta entitas.

Selain itu, hingga kuartal III/2021, nilai transaksi uang elektronik mencapai Rp209,8 triliun dengan pertumbuhan 45,05 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Ada pula, nilai transaksi digital banking mencapai Rp28,7 triliun dengan pertumbuhan sebesar 46,75 persen yoy.

“Utilitas teknologi digital di sektor keuangan kini telah merambah, salah satu tulang punggung utama sektor perekonomian nasional, yakni para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah atau UMKM,” kata Johnny dalam acara Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2021, Selasa (7/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Johnny menerangkan bahwa dari sekitar 64 juta UMKM di Indonesia, terdapat sekitar 26 persen atau 16,4 juta UMKM yang telah terintegrasi dengan pasar digital.

Adapun, salah satu bentuk adopsi teknologi digital yang dilakukan UMKM adalah dengan menggunakan metode pembayaran digital, yaitu dengan mengoptimalkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang disiapkan oleh Bank Indonesia.

Johnny mengutarakan kembali hal yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada pekan lalu. Di mana, Jokowi optimisme perekonomian Indonesia dapat bangkit dan tumbuh di atas 5 persen di 2022.

Hal tersebut selaras dengan proyeksi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang diperkirakan akan tumbuh pada kisaran 5,2 sampai 5,8 persen di 2022 mendatang.

“Potensi tersebut dapat diraih salah satunya dengan mengoptimalkan pemanfaatan sektor digital,” jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkominfo Layanan Keuangan Digital fintech P2P lending Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA)
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top