Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Cara Mengumpulkan DP Rumah, Lakukan Selagi Muda! 

Bagi Anda berencana membeli properti, berikut 8 cara mengumpulkan DP rumah seperti dikutip dari situs Clever Girl Finance pada Selasa (14/12/2021). Lakukan selagi Anda masih muda!
Ilustrasi menabung/Istimewa
Ilustrasi menabung/Istimewa

Buka rekening terpisah hingga tingkatkan besaran cicilan

5. Buka Rekening Tabungan Terpisah

Setelah Anda memiliki tujuan penghematan bulanan dan budgeting untuk DP rumah, saatnya untuk mulai menyimpan uang. Lantaran jumlahnya cukup besar, Anda sebaiknya menyimpannya di tempat yang menguntungkan Anda.

Tabungan tradisional atau rekening giro tidak memberikan banyak bunga sehingga tidak ideal untuk menyimpan dana tabungan DP rumah. Pilihan terbaik yang memungkinkan uang Anda bekerja untuk Anda, sekaligus mudah diakses, yakni rekening tabungan online dengan hasil tinggi atau reksadana pasar uang.

Putuskan opsi mana yang tepat untuk Anda dan buka akun khusus untuk uang muka Anda. Anda bahkan dapat mengganti nama akun, “DP Rumah” agar Anda lebih termovitasi. 

6. Tabungan Autodebet 

Untuk membantu memastikan bahwa Anda tidak kehabisan dana, transfer tabungan secara otomatis menggunakan metode transautodebet ke rekening tabungan Anda. Metode autodebet akan memastikan Anda membuat kemajuan menuju tujuan mengumpulkan DP rumah. 

Menabung secara otomatis juga mengurangi potensi dana Anda terpakai untuk hal-hal yang tidak penting. Anda dapat meminta bank secara otomatis mentransfer dana dari rekening tabungan Anda pada hari tertentu setiap bulan. 

7. Lebih Hemat

Perlu diingat, uang muka bukanlah satu-satunya sumber dana yang harus dipenuhi saat membeli rumah. Selain DP, Anda mungkin juga perlu menabung untuk hal-hal seperti:

- Biaya balik nama (sertifikat)

- Pajak rumah

- Notaris

- Biaya KPR

- Biaya perabotan, dekorasi, dan/atau renovasi rumah 

Meskipun semua ini mungkin tidak berlaku untuk semua situasi, ada baiknya Anda memiliki dana tambahan untuk biaya lain-lain yang mungkin muncul.  Anda dapat mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah yang Anda masukkan ke uang muka Anda sehingga Anda dapat menggunakan sisa uang untuk menutupi biaya lainnya.

8. Tingkatkan Besaran Cicilan 

Meskipun tidak secara langsung terkait dengan menabung untuk uang muka, meningkatkan jumlah cicilan per bulan berdampak besar pada biaya bunga KPR Anda. Semakin besar cicilan yang dibayar, maka bunga KPR bisa ditekan lebih rendah lagi. 

Anda juga dapat memanfaatkan waktu yang Anda miliki untuk meningkatkan skor kredit Anda: 

- Menarik skor kredit Anda

- Membayar utang untuk mengurangi rasio utang terhadap kredit Anda

- Hindari mengajukan kredit konsumtif baru saat jadwal pembelian rumah Anda semakin dekat. 

Selamat menabung! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper