Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DBS Foundation Salurkan Dana Hibah ke 19 Wirausaha Sosial di Asia

DBS Foundation enantiasa berkomitmen menumbuhkembangkan lebih banyak wirausaha sosial guna memperkuat pertumbuhan ekonomi sekaligus menjawab berbagai isu sosial di Indonesia.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  18:49 WIB
Ilustrasi - Nasabah sedang antre di ATM DBS Bank - Bloomberg.com
Ilustrasi - Nasabah sedang antre di ATM DBS Bank - Bloomberg.com

Bisnis.com, JAKARTA – DBS Foundation memberikan sekitar 3 juta singapura dolar kepada 19 wirausaha sosial atau social enterprise (SE) untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan dampak sosial serta lingkungan.

Dana hibah 2021 ini adalah prakarsa DBS Foundation Social Enterprise Grant Programme, dan pada tahun tersebut mengucurkan dana sebesar dua kali lipat dari nilai yang diberikan setiap tahunnya.

Pendanaan ini akan memungkinkan bisnis memberikan dampak bagi 24.000 jiwa, mengurangi emisi CO2 sebanyak 160.000 ton. Selain itu, akan mengurangi limbah sisa makanan dan plastik masing-masing sebanyak 120.000 ton dan 130.000 ton.

Menurut Group Head DBS Strategic Marketing and Communications dan Board Member of DBS Foundation, Karen Ngui, jumlah pengusaha muda yang semakin meningkat mewakili masa depan bisnis.

“Mereka senantiasa mengembangkan solusi inovatif untuk memecahkan masalah sosial dan lingkungan yang mendesak. Dengan efek ganda yang mereka hasilkan, yaitu laba dan dampak, mereka dapat membuat perbedaan secara berkelanjutan,” kata Karen dalam keterangan tertulis, Kamis (13/1/2022).

DBS Foundation menganggap pengusaha muda sebagai pembuat perubahan yang didorong oleh tujuan positif, yang membuka jalan menuju masa depan lebih berkelanjutan, serta berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan.

“Dengan pandemi berkepanjangan, kami meningkatkan dana hibah kami sebanyak lebih dari dua kali lipat tahun ini untuk membantu lebih banyak SE melewati masa-masa sulit ini, sambil meningkatkan dampak yang bisa diberikan,” ujarnya.

Head of Group Strategic Marketing & Communications, PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika mengatakan sejak 2015, sebanyak 14 wirausaha sosial Indonesia telah berhasil menerima DBS Foundation Grant. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar sustainability perseroan, yaitu Creating Social Impact.

"Ke depannya kami senantiasa berkomitmen untuk menumbuhkembangkan lebih banyak wirausaha sosial guna turut memperkuat pertumbuhan ekonomi sekaligus menjawab berbagai isu sosial di Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, DBS akan mendukung SE mencapai target tersebut dengan memanfaatkan akses ke sumber daya bank yang beragam, meliputi pelatihan keterampilan dan pengembangan kapasitas, membuka kesempatan untuk membangun jaringan dan peluang bisnis, pengadaan, serta peningkatan kesadaran melalui berbagai prakarsa dan platform.

Tak berhenti di sana, DBS Foundation juga akan melakukan tinjauan paruh tahun dengan bisnis tersebut untuk memantau kemajuan mereka, dan bekerja sama untuk menyempurnakan dan mengembangkan rencana pertumbuhan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha bank dbs dbs wirausaha muda dbs indonesia
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top