Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Langkah Membuat dan Menjual NFT untuk Pemula

Simak 6 langkah membuat hingga menjual NFT untuk pemula. Siap-siap cuan dari aset kripto!
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  20:30 WIB
Pengunjung memegang smartphone yang menampilkan pasar online galeri di dekat NFT dan tandatangan litograf di  Gallery di London, Inggris, Rabu (22/9/2021). Bloomberg - Chris J. Ratcliffe
Pengunjung memegang smartphone yang menampilkan pasar online galeri di dekat NFT dan tandatangan litograf di Gallery di London, Inggris, Rabu (22/9/2021). Bloomberg - Chris J. Ratcliffe

Bisnis.com, JAKARTA – Semakin meningkatnya popularitas Non-Fungible Token (NFT) menarik rasa penasaran banyak orang mengenai cara membuatnya. Aset unik ini sebenarnya sangat sederhana dan mudah diakses.

Para artis yang memiliki kekayaan digital menyambut baik teknologi ini. Ekosistem NFT sangat bagus untuk melindungi kelangkaan dan membangun kepemilikan atas aset digital dan berwujud. Artis dapat membuat NFT dan mendapatkan dukungan tak terbatas dari jaringan kolektor di seluruh dunia.

Jika Anda tertarik memiliki NFT, terdapat beberapa langkah yang harus dipersiapkan. Pilih platform NFT yang akan gunakan untuk membuat dan jual beli. Platform OpenSea merupakan tempat yang paling populer saat ini dalam pertukaran mata uang kripto.

Sebelum memulainya, Anda juga harus memiliki dompet mata uang kripto. Dompet ini berguna untuk mencetak NFT, membayar biaya, dan menerima pembayaran jika Anda melakukan penjualan.

Melansir dari Beincrypto pada Senin (17/1/2022), berikut 6 langkah membuat hingga menjual NFT untuk pemula. 

1. Buatlah gambar atau aset digital

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mempelajari cara membuat NFT adalah mengidentifikasi aset digital unik yang ingin Anda tokenisasi. Rencanakan apa yang akan menjadi aset tersebut. Anda dapat membuat meme, GIF, lukisan, atau aset digital apa pun.

Perlu diingat bahwa NFT adalah item digital eksklusif yang hanya dapat dimiliki oleh satu pemilik pada titik waktu tertentu. Ingatlah bahwa sebagian besar koleksi NFT yang diposting di alat NFT, seperti Rarity, diberi peringkat berdasarkan kelangkaannya, dan itu berkontribusi pada nilainya.

Meskipun ini mungkin jelas, penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki hak kekayaan intelektual untuk item yang Anda konversi sebagai NFT. Anda bisa berada dalam masalah hukum jika Anda membuat NFT untuk IP yang bukan milik Anda secara legal.

2. Tentukan platform NFT

Hal yang membutuhkan ketelitian tapi harus dilakukan. Setelah Anda memilih karya seni digital untuk NFT Anda, sekarang saatnya untuk memilih pasar yang memungkinkan Anda membuat NFT di blockchain dan kemudian menjualnya. Beberapa pasar NFT yang paling populer adalah Mintable, Rarible, dan OpenSea.

3. Hubungkan dompet kripto

Jika Anda menggunakan OpenSea, klik ikon pengguna dan pilih Profil. Di halaman ini, Anda akan dapat menghubungkan dompet Ethereum Anda ke pasar NFT.

OpenSea memungkinkan pengguna menghubungkan sebagian besar dompet kripto populer, termasuk MetaMask, Coinbase Wallet, Fortmatic, WalletConnect, dan lainnya. Pilih dompet yang Anda miliki lalu ikuti langkah-langkah untuk mengonfirmasi koneksi dompet Anda.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi mata uang kripto aset kripto NFT
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top