Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Bank yang Sudah Menerapkan BI Fast, Transfer Antar Bank Rp2.500

Bank Mandiri dan BNI telah menerapkan BI-Fast dalam aplikasi mobile banking.
Pegawai beraktivitas di salah satu cabang digital Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (23/12/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Pegawai beraktivitas di salah satu cabang digital Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (23/12/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bank Mandiri dan BNI

Bank Mandiri

Bank Mandiri kini melengkapi financial super app Livin' by Mandiri yang berlogo kuning dengan fitur BI-Fast yang dapat dinikmati oleh nasabah mulai Selasa (28/12/2021).

Direktur Information and Technology Bank Mandiri, Timothy Utama mengharapkan, penerapan BI-Fast dapat mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan nasional, integrasi ekosistem industri sistem pembayaran secara end-to-end dari perbankan digital, fintech, e-commerce, dan konsumen, serta mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Timothy mengklaim, Livin’ by Mandiri menjadi aplikasi perbankan mobile yang pertama dan terlengkap dalam menghadirkan BI-Fast ke publik. Di samping menggunakan nomor rekening, nasabah kini bisa menggunakan nomor handphone ataupun email yang sudah terdaftar di BI-Fast sebagai alternatif tujuan transfer, baik ke rekening sesama Bank Mandiri atau bank lain.

“Financial super app Livin’ by Mandiri kini semakin lengkap dengan hadirnya BI-Fast. Ini [BI-Fast] sejalan dengan keinginan Bank Mandiri untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah,” ujar Timothy dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12/2021).

Timothy menyampaikan bahwa biaya transfer antarbank dengan menggunakan BI-Fast hanya Rp2.500 dengan limit sampai Rp250 juta secara real-time dengan menggunakan nomor rekening, nomor handphone, maupun alamat email. Tak hanya itu, transfer ke sesama rekening Mandiri pun tetap gratis dan lebih praktis menggunakan nomor handphone dan email.

BNI

Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom menyampaikan, sistem pembayaran BI-Fast sudah diterapkan di layanan transfer perseroan.

Dia pun menjelaskan cara pakai sistem pembayaran ritel yang menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) ini.

“Caranya cukup mudah, nasabah cukup menggunakan aplikasi mobile banking BNI, tinggal pilih menu Transfer, dan di situ sudah ada pilihan transfer dengan menggunakan BI-Fast. Sangat mudah dan simpel, tinggal pilih bank tujuan transfer, masukkan nomor rekening dan nominal yang akan ditransfer,” ujar Mucharom saat dihubungi Bisnis, Rabu (12/1/2022).

Menurut Mucharom, dengan adanya BI-Fast membuat nasabah BNI mendapatkan banyak manfaat, terutama adalah tarif yang jauh lebih murah. Hal ini karena ada penurunan tarif dari sebelumnya Rp6.500 dengan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) menjadi lebih murah, yaitu Rp2.500 dengan sistem BI-Fast.

“BI Fast juga sudah dapat dapat dilakukan di channel-channel pembayaran baik di ATM, teller, maupun BNI mobile banking,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper