Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengguna Dompet Digital DANA Tembus 100 Juta

DANA melihat pencapaian ini juga menjadi indikator positif masyarakat Indonesia menuju ekosistem yang lebih cerdas keuangan digital.
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Platform dompet digital DANA (PT Espay Debit Indonesia Koe) menembus salah satu baru loncatan dari sisi jumlah pengguna yang telah mencapai mencapai 100 juta di seluruh Indonesia.

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA mengungkap terima kasih terhadap para pengguna yang telah percaya pada DANA, yang sekaligus merefleksikan bukti upaya dan komitmen DANA dalam mendorong keuangan digital yang inklusif melalui solusi transaksi digital yang aman, mudah, dan nyaman.

"Pencapaian ini sekaligus menandakan makin besarnya penerimaan masyarakat terhadap teknologi keuangan dan dompet digital sebagai solusi pemenuhan kebutuhan sehari-hari, mulai dari hiburan hingga investasi jangka panjang," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (24/2/2022).

Vince pun menilai pencapaian ini juga menjadi indikator positif masyarakat Indonesia menuju ekosistem yang lebih cerdas keuangan digital.

Sebagai jembatan bagi ekosistem ekonomi digital, DANA pun terus berkomitmen untuk mengakomodasi beragam kebutuhan dan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan keinginannya.

Baik dengan cara terus melakukan inovasi dan pembaruan fitur, maupun melalui upaya-upaya kolaborataif dengan berbagai pihak, mulai dari industri hingga pemerintah daerah.

Sebagai contoh, awal tahun ini DANA menjalin kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pontianak, Kalimantan Barat untuk membantu digitalisasi dan pengembangan UMKM di kawasan.

Selain itu, DANA juga memperluas kemitraan strategis guna mengembangkan fitur-fitur yang semakin bisa memenuhi beragam kebutuhan masyarakat, mulai dari kebutuhan finansial hingga hiburan. Sejumlah mitra baru yang berhasil digandeng antara lain BPJS Ketenagakerjaan, Secure Parking, dan WeTV.

Di balik pencapaian 100 juta pengguna, berbagai manfaat dompet digital DANA telah dirasakan masyarakat sepanjang 2021. Berdasarkan pantauan DANA, setiap hari terjadi rata-rata 7 juta transaksi melalui dompet digital DANA yang tersebar di seluruh Indonesia untuk beragam pemenuhan kebutuhan, aktivitas, dan hiburan masyarakat.

DANA juga melihat kini pengguna makin familiar dengan penggunaan QRIS dengan dompet digital DANA. Ada lebih dari 31 juta transaksi menggunakan QRIS di tahun lalu.

"Dari segi dukungan terhadap UMKM, DANA juga secara akumulatif menggerakkan lebih dari 400.000 UMKM yang makin percaya diri untuk berbisnis secara digital berkat verifikasi yang mudah. Dengan memanfaatkan DANA Bisnis, para pelaku UMKM tersebut berhasil menikmati lonjakakan transaksi hingga 35 persen dan terjadi 15 juta transaksi DANA Bisnis melalui QRIS," jelas Vince.

DANA juga menghadirkan fitur Katalog Produk yang memungkinkan pelaku usaha memajang daftar barang usahanya secara digital dan membagikannya ke calon pembeli. Kehadiran fitur ini akan bermanfaat oleh pelaku usaha yang terindikasi dengan adanya 5.000 katalog produk yang dibagikan sepanjang tahun lalu.

Berkat ekosistem terbuka dan online QR, DANA juga berhasil menggenapkan jumlah merchant online-nya menjadi total 5.000 mitra. Sebabnya, DANA memungkinkan integrasi yang mudah bagi mitra dan pengguna dapat menerima pembayaran dari berbagai dompet digital.

Sementara dari sisi kemudahan bagi pengguna, hadirnya tambahan kolom ‘Favorit’ pada fitur Kirim Uang di tahun lalu ikut mempercepat proses pengiriman uang. Hingga akhir 2021, DANA mencatat ada lebih dari 350 juta total transaksi dengan menggunakan fitur Kirim Uang dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan yang dilakukan dengan dompet digital DANA.

Selain itu, transaksi pengguna juga dirasakan makin aman dengan jaminan DANA Protection. Setidaknya, lebih dari 21 juta transaksi yang berhasil diproses dan dilindungi dengan DANA Protection di tahun lalu.

Untuk menyempurnakan berbagai manfaat teknologi inovasi yang dihadirkan sepanjang tahun lalu, DANA juga terus melakukan edukasi berkelanjutan untuk pelaku usaha dan komunitas di berbagai daerah di tanah air lewat sejumlah inisiatifnya seperti DANA Academy, DANA Talk, dan lainnya.

Berdasarkan catatan DANA, selama periode 2021, lebih dari 1.200 pelaku usaha dan komunitas telah mendapatkan edukasi mengenai keuangan digital dan merasakan kemudahan dompet digital DANA. Artinya, pemanfaatan dompet digital dapat dirasakan menyeluruh dan mampu berkontribusi dalam percepatan inklusi keuangan digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper