Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Data Perbandingan Fintech P2P Lending Produktif di Indonesia

Simak rangkuman data lengkap beserta visualisasi perbandingan kinerja fintech P2P lending produktif ditinjau dari pendapatan, laba, total aset, tingkat kemampuan bayar (TKB), hingga peringkat aplikasi di Google Play Store.
Ponsel semakin populer ikut mendorong popularitas fintech. Foto ilustrasi penggunaan ponsel. /ANTARA FOTO-Septianda Perdana
Ponsel semakin populer ikut mendorong popularitas fintech. Foto ilustrasi penggunaan ponsel. /ANTARA FOTO-Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA -- Simak rangkuman data lengkap beserta visualisasi perbandingan kinerja fintech P2P lending produktif ditinjau dari pendapatan, laba, total aset, tingkat kemampuan bayar (TKB), hingga peringkat aplikasi di Google Play Store. Selengkapnya dapat diikuti melalui tautan ini.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah aplikasi teknologi finansial pinjaman (fintech lending) yang telah terdaftar dan berizin di Indonesia sebanyak 103 unit per 3 Januari 2022. Sebagian di antaranya adalah fintech P2P lending.

DataIndonesia.id merangkum data kinerja sejumlah fintech lending, khususnya P2P lending produktif. Data yang dirangkum termasuk daftar penyedia fintech lending berizin, P2P lending dengan pendapatan terbesar, P2P lending dengan total aset terbesar, jumlah fintech P2P lending business berdasarkan TKB90, P2P lending dengan rating aplikasi android teraik, jumlah penyaluran pinjaman fintech lending ke sektor produktif, dan sebagainya. Simak selengkapnya di sini.

Sementara itu, fintech lending secara umum setidaknya dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori sebagaimana dirangkum oleh DataIndonesia.id

Kategori pertama adalah eduloan di mana fintech lending ini berfokus untuk memberikan pinjaman dana untuk kebutuhan pendidikan. Per 3 Januari 2022, ada lima fintech lending yang masuk kategori ini, antara lain Danacita, Edufund, DanaBagus, Pintek, dan Cicil.

Kategori cashloan/paylater berisikan fintech lending yang memberikan pinjaman tunai atau pembayaran nanti kepada konsumen. Tercatat ada 19 fintech lending yang bergerak dalam kategori ini, mulai dari Findaya (GoPayLater), Indodana, Julo, hingga Kredifaazz (Kredivo).

Dalam kategori peer to peer (P2P) lending consumer, terdapat  27 fintech lending yang telah mendapatkan izin dari OJK, seperti Finmas, AdaKami, EasyCash, 360Kredi, dan Danakini.

P2P lending consumer merupakan kategori fintech lending yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman dengan penggunaan dana untuk kebutuhan bersifat konsumtif.

Sementara itu, kategori P2P lending business berisikan 52 fintech lending, mulai dari Amartha, Investree, KoinWorks, hingga Danamas. P2P lending consumer memfokuskan bisnisnya untuk memberikan pinjaman dana bagi kebutuhan bisnis atau bersifat produktif. Data dan visualisasi selengkapnya di sini.

DataIndonesia.id juga telah merangkum sejumlah data mengenai perkembangan fintech lending di indonesia di antaranya produk fintech yang paling sering digunakan, preferensi metode pembayaran di e-commerce, jumlah penyaluran pinjaman, 8 fintech dengan pendanaan terbanyak, segmentasi pelanggan, serta tingkat wanprestasi. Selengkapnya simak di sini.

Fintech lending telah memberi warna baru dalam sektor keuangan Indonesia. Melalui fintech lending, transaksi antara peminjam dengan pemberi pinjaman bisa terjadi tanpa perlu adanya pertemuan langsung. Hal tersebut tentu saja memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansialnya. 

Tak mengherankan jika beragam jenis fintech lending, mulai dari peer to peer (p2p) personal, produktif, hingga paylater kerap digunakan di Indonesia. Hal tersebut sebagaimana terlihat dalam survei Daily Social yang dirilis pada 2021. Selengkapnya simak di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : DataIndonesia.id
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : DataIndonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper