Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Diproyeksi Tahan Suku Bunga Acuan pada RDG Bulan Ini

Analis Makroekonomi Bank Danamon Irman Faiz memperkirakan the Fed akan menaikkan suku bunga acuan pertamanya sebesar 25 basis poin (bps).
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 16 Maret 2022  |  16:30 WIB
BI Diproyeksi Tahan Suku Bunga Acuan pada RDG Bulan Ini
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Sentral Amerika Serikat (the Fed) diperkirakan akan menaikan suku bunga acuan pada pertemuan FOMC pada Rabu waktu setempat.

Analis Makroekonomi Bank Danamon Irman Faiz memperkirakan the Fed akan menaikkan suku bunga acuan pertamanya sebesar 25 basis poin (bps).

“Hal ini dilakukan karena tekanan inflasi di AS semakin besar terlebih di tengah harga energi yang meningkat,” katanya kepada Bisnis, Rabu (16/3/2022).

BI pun akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur pada Kamis (17/3/2022).

Faiz memperkirakan, pada RDG bulan ini, BI masih akan mempertahankan suku bunga acuan pada level 3,5 persen.

Dia mengatakan, pada kondisi normal, BI akan lebih responsif terhadap penyesuaian suku bunga acuan the Fed karena dikarenakan transmisi ke nilai tukar rupiah cukup besar.

Namun, saat ini kepemilikan investor asing di SBN jauh menurun, terutama di tengah pandemi Covid-19, sehingga transmisi dari kenaikan suku bunga the Fed diperkirakan mengecil.

Terlebih lagi, kenaikan harga komoditas kata dia mendukung berlanjutnya tren surplus neraca perdagangan Indonesia sehingga pasokan dolar AS di dalam negeri pun cukup terjaga.

“Oleh karena itu, tahun ini saya rasa BI akan lebih fokus ke inflasi dan pemulihan domestik. Kita lihat inflasi domestik masih di batas bawah target BI pada kisaran 2 persen bulan lalu,” jelasnya.

Menurutnya, BI akan tetap mempertahankan suku bunga acuan pada level 3,5 persen hingga ada tanda-tanda kenaikan inflasi secara fundamental dan berkelanjutan, serta pemulihan ekonomi yang terus berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi global Kebijakan The Fed suku bunga acuan
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top