Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Minta DK OJK Terpilih Selesaikan Permasalahan di Industri Asuransi

Pimpinan DK OJK periode 2022-2027 memiliki banyak tantangan dan pekerjaan besar, terutama untuk sektor nonbank.
Ilustrasi asuransi/Reuters-Jonathan Bachman
Ilustrasi asuransi/Reuters-Jonathan Bachman

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Ketua Badan Akuntabilitas dan Keuangan Negara (BAKN) DPR RI sekaligus Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengatakan, Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027 terpilih harus dapat menyelesaikan berbagai polemik di industri asuransi.

“Industri asuransi dan berbagai macam polemik dan permasalahannya harus segera diselesaikan. Kepercayaan masyarakat kepada industri perasuransian harus dikembalikan. Termasuk edukasi kepada mereka terkait produk-produk industri keuangan juga harus dimaksimalkan,” kata Anis dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari laman resmi DPR, Senin (11/4/2022).

Menurutnya, pimpinan DK OJK periode 2022-2027 memiliki banyak tantangan dan pekerjaan besar. Masalah-masalah di industri keuangan yang sangat kompleks harus segera diselesaikan terutama untuk sektor nonbank, walaupun sektor perbankan dan pasar modal juga tidak bisa disepelekan.

Berdasarkan pengamatannya di lapangan, Anis menuturkan bahwa faktanya banyak korban produk industri keuangan dikarenakan minimnya edukasi mulai dari pinjol sampai asuransi.

"Jangan sampai mereka menjadi korban karena ketidaktahuan dan minimnya edukasi,” katanya.

Secara khusus, Anis berharap Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027 Mahendra Siregar benar-benar melaksanakan apa yang sudah ia paparkan saat fit and proper test kemarin.

“Enam prioritas janji apabila terpilih memimpin pimpinan DK OJK harus segera direalisasikan,” tegas Anis.

Selain itu, kata Anis, independensi OJK juga harus dibuktikan, termasuk janji 100 hari pertamanya untuk meningkatkan kapabilitas dan sumber daya fungsi pengawasan inti dengan pembenahan internal dan check and balance.

“Dan kita juga menunggu bukti atas janji beliau untuk membuat roadmap, prioritas OJK dan peta jalan industri keuangan nonbank (IKNB),” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper