Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Komoditas Beterbangan, Simak Strategi Bank Indonesia Tahun Ini

Sejumlah strategi dilakukan Bank Indonesia demi menjaga stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 23 April 2022  |  14:10 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia melakukan sejumlah strategi untuk menjaga stabilitas harga dan mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti menyampaikan, di tengah ketidakpastian global, BI dan Kementerian Keuangan perlu menyeimbangkan antara stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi.

Dia memaparkan, Bank Indonesia mengoptimalkan bauran dari tiga kebijakan sebagai strateginya.

 “Pertama kebijakan moneter yang mengedepankan stabilitas sekaligus mendukung pemulihan ekonomi,” ujar Destry dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (23/4/2022).

Strategi kedua lanjutnya, yaitu kebijakan makroprudensial yang ditujukan antara lain untuk mendorong ekonomi hijau.

Lebih lanjut, strategi ketiga berupa kebijakan sistem pembayaran yang ditujukan untuk mengakselerasi pembayaran digital.

 “Bank Indonesia juga terus meningkatkan koordinasi dengan Kementerian Keuangan dalam reformasi struktural dan pengendalian inflasi,” imbuh Destry.

Proyeksi International Monetary Fund (IMF) mengalami koreksi terkait pertumbuhan ekonomi global 2022 menjadi 3,6 persen, sehingga diperlukan strategi pemulihan ekonomi melalui kebijakan dan optimalisasi peran G20.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan revisi pertumbuhan ekonomi nasional menjadi 4,5 persen hingga 5,3 persen dari sebelumnya sebesar 4,7 persen hingga 5,5 persen.

Adapun anggota G20 menyepakati mekanisme baru dalam pembiayaan oleh WHO dan Worldbank bagi negara yang rentan sebagai solusi pemulihan ekonomi. IMF dapat berperan dalam pengelolaan arus modal, pembiayaan makro dan jaring pengaman keuangan global.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia Pertumbuhan Ekonomi imf kebijakan moneter
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top