Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pefindo Beri Rating Positif untuk Rencana Greenbond BRI (BBRI)

Green Bond alias Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI ini akan menggalang dana maksimal Rp15 triliun dalam 2 tahun sejak efektifnya pernyataan pendaftaran.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  21:32 WIB
Gedung BRI - bri.co.id
Gedung BRI - bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan peringkat idAAA (positif) untuk obligasi berwawasan lingkungan alias green bond terbaru besutan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI). Peringkat tersebut berlaku untuk periode 25 April 2022 sampai dengan 1 April 2023.

Sebagai konteks, idAA merupakan peringkat tertinggi dalam kategorisasi yang dilakukan Pefindo. Peringkat ini diberikan kepada BBRI dengan pertimbangan data dan informasi dari perusahaan serta laporan keuangan (diaudit) per 31 Desember 2021. 

Mengacu keterangan tertulis Pefindo kepada BBRI, penerbitan green bond Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI akan menghasilkan dana maksimal Rp15 triliun dalam 2 tahun sejak efektifnya pernyataan pendaftaran.

Sertifikat pemeringkatan telah ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Salyadi Saputra dan Direktur Pemeringkatan Pefindo Hendro Utomo.

"Efek utang dengan peringkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh PEFINDO. Kemampuan emiten untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut dibandingkan emiten Indonesia lainnya adalah superior," tulis Pefindo.

Namun, Pefindo mengungkap peringkat tidak berlaku atas sertifikasi wawasan lingkungan alias green certification dari efek utang ini. Oleh sebab itu, penurunan dari hasil sertifikasi wawasan lingkungan akan turut berpengaruh terhadap hasil pemantauan Pefindo untuk rating surat utang ini di kemudian hari.

"Jika terjadi penurunan yang bisa berdampak pada percepatan pelunasan pokok dan/atau kenaikan tingkat kupon atas surat utang ini sesuai ketentuan yang berlaku, maka Pefindo akan melakukan pemantauan terhadap peringkat yang sudah diberikan kepada obligor maupun efek utang yang diterbitkan," tambah Pefindo.

Adapun, selain melakukan pemeringkatan terhadap green bond terbaru BBRI, Pefindo juga memantau beberapa surat utang BBRI yang akan jatuh tempo dengan hasil rating idAAA, obligasi subordinasi III tahun 2018 BBRI dengan hasil rating idAAA, rating korporasi BBRI di idAAA outlook stabil.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi bri pefindo bbri bank rakyat indonesia green bond
Editor : Herdanang Ahmad Fauzan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top