Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hati-hati Ini Tiga Modus Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

OJK pun memberikan sejumlah tips menggunakan pinjaman online.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 22 Mei 2022  |  16:52 WIB
Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri mengungkap kajahatan pinjol ilegal, Selasa (16/11/2021).  - Antara
Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri mengungkap kajahatan pinjol ilegal, Selasa (16/11/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Tawaran pinjaman online (pinjol) yang menggiurkan seringkali membuat masyarakat kurang berhati-hati dalam mengakses layanan pinjol. Tak jarang kemudian banyak yang terjebak pinjol ilegal.

Mengutip Instagram resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Minggu (22/5/2022), setidaknya ada tiga modus pinjol ilegal dalam menjerat masyarakat.

Pertama, pinjol ilegal cenderung menawarkan pinjaman melalui SMS atau chat Whatsapp dari nomor tidak dikenal. Perlu diingat bahwa pinjol legal atau berizin OJK dilarang menawarkan pinjaman melalui saluran komunikasi pribadi tanpa persetujuan konsumen.

Kedua, pinjol ilegal juga kerapkali menggunakan nama yang menyerupai fintech lending atau pinjol legal untuk mengelabui korban. Ketiga, biasanya pinjol ilegal menawarkan pinjaman cepat tanpa syarat.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman lewat pinjol, sangat penting untuk melakukan pengecekan legalitas atau izin dari pinjol tersebut, serta biaya dan kewajiban yang harus dipenuhi peminjam.

OJK pun memberikan sejumlah tips menggunakan pinjaman online. Pertama, pinjam sesuai kebutuhan dan kemampuan melunasi.

Selanjutnya, meminjamlah kepada pinjaman online yang berizin resmi OJK. Lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap legalitas dan identitas perusahaan. Per April 2022, tercatat ada 102 penyelenggara pinjol resmi yang berizin OJK.

Masyarakat dapat melihat daftar penyelenggara pinjol resmi tersebut melalui laman resmi OJK www.ojk.go.id atau bit.ly/daftarfintechlendingOJK. Bisa juga dicek melalui kontak OJK 157 atau chat 081 157 157 157.

Tips terakhir dalam menggunakan pinjol adalah pahami manfaat, risiko, dan kewajiban meminjam.

Untuk masyarakat yang terlanjur terjebak pinjol ilegal dan menjadi korban ancaman dan intimidasi pinjol ilegal dapat lapor ke Polda dan Polres terdekat atau melalui website https://patrolisiber.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK P2P lending pinjol
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top