Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 10 Aplikasi Bank di Indonesia, Siapa yang Terbanyak Diunduh dan Dapat Bintang Ya?

Ini daftar aplikasi bank yang memiliki jumlah pengunduh dan rating terbaik di toko aplikasi playstore (android) dan App Store (iOS).
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  11:24 WIB
Nasabah berada di kantor cabang Bank Jago, Jakarta, Rabu (22/12/2021). Bisnis - Abdurachman
Nasabah berada di kantor cabang Bank Jago, Jakarta, Rabu (22/12/2021). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Perbankan di Tanah Air terus memperkuat layanan digital yang ditawarkan kepada masyarakat dengan menambahkan fitur-fitur baru.

Selain untuk meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menggunakan layanan perbankan, juga untuk menarik atau mengakuisisi pengguna baru.

Lantas siapa bank yang memiliki jumlah pengunduh dan rating terbaik di toko aplikasi playstore (android) dan App Store (iOS), berkat keunggulan yang dimiliki?

Berikut ini ulasan aplikasi perbankan berdasarkan jumlah pengundung dan ratingnya per Selasa (24/5):

1. BRImo (BRI Mobile Banking):

BRImo, aplikasi mobile banking milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. tercatat telah diunduh lebih dari 10 juta kali merujuk data di Play Store. Para pengguna Android dan iOS masing-masing memberikan nilai 4,7/5 untuk BRImo, menandakan para pengguna BRImo puas dengan aplikasi tersebut.

2. BCA Mobile Banking:

BCA Mobile Banking diketahui telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Sejauh ini, para pengguna BCA Mobile Banking di Google Play Store (Android) memiliki kepuasan yang lebih tinggi (4.4) dibandingkan dengan pengguna BCA Mobile Banking di App Store (Apple).

Pengguna BCA Mobile Banking di App Store memberikan rating untuk aplikasi mobile besutan PT Bank Central Asia Tbk. sebesar 3.7/5. Pengguna berharap adanya fitur save bukti transfer seperti yang di versi website.

3. BNI Mobile Banking:

BNI Mobile Banking tercatat telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Di App Store, BNI Mobile Banking memiliki rating 4.7/5. Sementara itu di Google Play Store rating yang dimiliki BNI Mobile Banking lebih rendah yaitu 4.3/5. Pengguna berharap respons aplikasi berjalan lebih smooth dan cepat, sehingga pengguna merasa lebih nyaman saat menggunakan aplikasi

4. Neobank by BNC Digital Bank

Neobank by BNC Digital Bank masuk dalam aplikasi mobile banking yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store, dengan rating yang diberikan oleh para pengguna sebesar 4.2/5/ Adapun di App Store, neobank mendapat rating 3.9/5. Pengguna App Store berharap sistem verifikasi wajah di neobank diperbaiki.

5. Livin by Mandiri:

Livin by Mandiri saat ini telah diunduh oleh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store. Masih banyak yang perlu diperbaiki dari aplikasi mobile banking besutan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. ini mengingat rating yang diberikan pengguna di Google Play Store hanya 3.4/5 dan di App Store hanya 3.9/5.

Beberapa pengguna App Store mengeluh suka crash ketika membuka aplikasi ini. Sementara itu pengguna Google Play Store berharap aplikasi Livin yang berwarna kuning bisa ditingkatkan lebih baik dibandingkan dengan Livin yang berwarna biru.

6. Jenius:

Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang dikembangkan oleh PT Bank BTPN Tbk. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Store dengan rating yang diberikan oleh pengguna Google Store sebesar 4/5. Sementara itu pengguna App Store merasa lebih puas dengan rating yang diberikan sebesar 4.3/5.

Jenius memiliki rating yang lebih rendah di Google Play Store. Beberapa pengguna Play Store berharap agar sistem proses lebih responsif. Beberapa pengguna juga berharap agar proses transaksi berjalan lebih optimal lagi ke depannya.

7. BTN Mobile Banking

BTN Mobile Banking milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Dibandingkan dengan bank milik negara lainnya, jumlah pengunduh aplikasi milik BTN paling sedikit.

Secara kualitas, aplikasi ini juga perlu ditingkatkan, khususnya bagi pengguna Play Store. Beberapa pengguna Android memberikan rating 3.1/5 untuk BTN Mobile. Pengguna Play Store mengeluhkan setelah meningkatkan (upgrade) aplikasi, terjadi gangguan di aplikasi. Ada pengguna juga yang mengeluh mengenai notifikasi m-Token, yang tidak mereka terima.

8. digibank by DBS Indonesia:

digibank by DBS Indonesia telah diunduh sebanyak 1 juta kali di Google Play Store. Beberapa pengguna Play Store memberikan rating 4.2/5 untuk aplikasi ini. Sementara itu, pengguna iOS memberikan rating 3.6/5 untuk digibank atas kualitas layanan yang diberikan.

Pengguna iOS berharap agar proses pendaftaran lebih mudah dan kegiatan marketing dikurangi untuk menjaga kenyamanan dalam menggunakan aplikasi.

9. Jago

Jumlah pengunduh aplikasi Jago di Google Play Store diketahui lebih dari 1 juta pengunduh. Dengan jumlah tersebut, pengguna berharap agar aplikasi Jago ditingkatkan. Pengguna Google Play Store dan App Store kompak memberi nilai 3.9/5 untuk aplikasi Jago.

Pengguna berharap agar proses transaksi dapat dikelola lebih baik. Beberapa transaksi tidak sampai ke tujuan. Selain itu, pengguna juga mengeluhkan mengenai update Jago yang meminta pengguna untuk memiliki iOS 13. Padahal, ponsel mereka bukanlah versi baru.

10. Allo Bank

PT Allo Bank Indonesia Tbk. belum lama meluncurkan aplikasi Allo Bank. Pada Selasa (24/5) aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 100.000 kali. Meski demikian, Allo Bank perlu masih perlu meningkatkan kualitas aplikasi.

Pengguna Allo Bank di Google Play Store memberikan rating sebesar 2.9/5. Sementara itu pengguna Allo Bank di App Store memberikan nilai 1.5/5 untuk aplikasi Allo Bank.

Beberapa pengguna berharap Allo Bank meningkatkan UI/UX. Pengguna juga beberapa kali merasa kesulitan masuk ketika sedang jam-jam padat. Pelayanan Customer Service juga perlu ditingkatkan dan diharapkan lebih responsif dalam menanggapi keluhan pengguna aplikasi.

Berikut ini rincian rating dan jumlah pengunduh aplikasi layanan perbankan digital:

AplikasiJumlah PengunduhRatingRating App Store

BRImo
10 juta+4,7/54.7/5
BCA Mobile10 juta+4,4/53,4/5
BNI Mobile Banking10 juta+4,3/54,7/5
Neobank by BNC Digital Bank10 juta+4,2/53,9/5
Livin by Mandiri5 juta+3,4 /53,9/5
Jenius5 juta+4/54,3/5
BTN Mobile1 juta+3,1/54/5
digibank by DBS Indonesia1 juta+4,2/53,6/5
Jago1 juta+3.9/53,9/5
Allo Bank100 ribu+2.9/51,5/5

Sumber: Play Store dan App Store, Diolah,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan aplikasi mobile banking
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top