Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurasi Produk Unggulan untuk Pameran di Pertemuan G20, BRI Gandeng 10 Ahli

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM akan menggelar UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2022 di salah satu venue pelaksanaan Presidensi G20 tepatnya di The Apurva Kempinski Hotel, Bali.
Ilustrasi karyawati PT Bank Rakyat Indonesia Tbk memperlihatkan aplikasi BRI Credit Card Mobile saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (18/6/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Ilustrasi karyawati PT Bank Rakyat Indonesia Tbk memperlihatkan aplikasi BRI Credit Card Mobile saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (18/6/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM akan menggelar UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2022 di salah satu venue pelaksanaan Presidensi G20 tepatnya di The Apurva Kempinski Hotel, Bali.

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan acara tersebut bertujuan memperkenalkan keunikan dan nilai lokal produk UMKM Indonesia, melalui negara-negara yang berpartisipasi dalam G20.

Acara tersebut, lanjutnya, merupakan tahap akhir program untuk menjangkau pasar internasional. Produk-produk kreatifitas UMKM dari berbagai wilayah Indonesia akan melalui serangkaian proses kurasi, mulai dari administrasi, data, hingga sampel produk.

Proses kurasi dilakukan oleh 10 orang ahli dengan lead curator Diana Nazir dan ditutup dengan konferensi video untuk menetapkan hasil akhir. Kurasi bakal menekankan unsur ESG (environmental, social, and governance), yaitu mendukung gerakan go green, memberdayakan masyarakat sekitar, memiliki keunikan dan story telling yang kuat, dan women empowerment.

Amam mengatakan bahwa proses kurasi dilakukan untuk memastikan kualitas produk dari segi material, originalitas produk, standar packaging, value added melalui inovasi, teknik produksi dan dampak sosial.

Sustainability produk pun menjadi salah satu poin penilaian dalam tahap kurasi ini karena kami berharap produk UMKM harus bertanggung jawab terhadap alam, lingkungan hidup dan aman untuk manusia,” kata Amam dalam keterangan tertulis, Rabu (1/6/2022).

Dengan otentisitas, kualitas dan kontinuitas yang terus terjaga, diharapkan produk UMKM Indonesia dapat memenangkan persaingan global yang semakin ketat serta mampu menopang perekonomian nasional, baik di masa krisis maupun pasca pandemi.

Animo UMKM untuk mengikuti BRI UMKM Expo Brilianpreneur yang keempat di tahun ini lebih tinggi. Terdapat 1.189 UMKM binaan BRI serta 128 UMKM terpilih yang berasal dari komunitas, lembaga dan kementerian terkait yang telah mendaftar sebagai peserta kurasi.

Mereka berasal dari 196 kota dan kabupaten dari 34 Provinsi di Indonesia. “Hal ini membuktikan bahwa BRI UMKM Expo Brilianpreneur 2022 mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi UMKM Nasional,” kata Amam.

Selain itu, 120 UMKM Unggulan alumni peserta BRI UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2019, 2020, dan 2021 akan diundang kembali menjadi peserta. Untuk penyelenggaraan tahun ini acara tersebut akan dilaksanakan secara hybrid, baik online dan offline.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper