Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permudah Layanan, Taspen Bakal Perbanyak Pembukaan Gerai di Mal Pelayanan Publik  

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) berkomitmen untuk terus mempermudah klaim bagi peserta dengan berencana bakal membuka semakin banyak gerai pelayanan Taspen di Mal Pelayanan Publik di Tanah Air.
Mal Pelayanan Publik di Jakarta/Bisnis.com-Nirmala Aninda
Mal Pelayanan Publik di Jakarta/Bisnis.com-Nirmala Aninda

Bisnis.com, JAKARTA - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) berkomitmen untuk terus mempermudah klaim bagi peserta dengan berencana bakal membuka semakin banyak gerai pelayanan Taspen di Mal Pelayanan Publik di Tanah Air.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahamanan tentang Mal Pelayanan Publik (MPP) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Selasa (28/06), yang dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri PAN-RB Ad Interim Mohammad Mahfud Mahmodin, Direktur Utama Taspen A.N.S. Kosasih dan Direktur Operasional Taspen Ariyandi.

Direktur Utama Taspen A.N.S. Kosasih mengatakan penandatanganan nota kesepahaman tentang Mal Pelayanan Publik merupakan wujud aktif Taspen hadir memberikan layanan terbaik guna memudahkan para peserta dalam memperoleh pelayanan klaim.

“Ke depan, kami akan terus berupaya membuka lebih banyak gerai Taspen di Mal Pelayanan Publik, sehingga peserta lebih mudah melakukan pengurusan dan dapat merasakan pelayanan secara optimal,” ujarnya seperti dikutip, Rabu (29/6/2022).

Penandatanganan tersebut menyepakati beberapa hal, antara lain perumusan kebijakan, pemantauan, dan evaluasi; pembinaan dan pengawasan; penyediaan sarana dan prasarana pemberian pelayanan; penyediaan SDM; penyediaan anggaran pelaksanaan pemberian pelayanan; pertukaran data, dan informasi dalam penyelenggaraan pelayanan di Mal Pelayanan Publik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Ad Interim Mohammad Mahfud Mahmodin, mengatakan penyelenggaraan MPP merupakan wujud pelaksanaan reformasi di bidang pelayanan publik untuk menghadirkan pelayanan publik yang prima dan terintegrasi menuju pelayanan publik berkelas dunia.

“Upaya ini secara khusus diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dalam proses perizinan usaha sehingga mampu meningkatakan daya saing global yang berujung pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana dengan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia,” ujarnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa reformasi birokrasi merupakan salah satu program besar dan strategis pemerintah. Dalam pelaksanaannya perlu dilakukan pendekatan secara inovatif, tematif, kreatif dan berdampak luas kepada masyarakat.

Hakikat reformasi birokrasi sendiri tercapai ketika masyarakat dapat menerima dan merasakan pelayanan publik yang berkualitas dengan mudah, cepat, murah dan transparan.

“Nota kesepahaman ini menjadi dasar komitmen untuk ikut serta pemerintah dalam memberikan pelayanan di Mal Pelayanan Publik. Penandatanganan ini menjadi langkah penting dalam komitmen untuk merealisasikan tugas dan amanat reformasi birokrasi dalam bidang pelayanan public,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Kementerian PAN-RB, pada 2022 akan dibuka 56 cabang Mal Pelayanan Publik di Indonesia. Taspen akan senantiasa bersinergi dengan Kementerian PAN-RB dalam upaya membuka gerai Taspen pada beberapa MPP mendatang.

Hingga 30 Juni 2022, Taspen telah memiliki 38 gerai pelayanan MPP yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, antara lain, Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Palu.

Melalui gerai tersebut, peserta dapat melakukan semua pengurusan kebutuhan, termasuk layanan informasi klaim, pengumpulan berkas klaim sampai dengan tahap verifikasi berkas klaim yang diterima dari peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper