Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-Siap! Transaksi QR Code Dapat Dilakukan dengan 5 Negara Asean

Inisiatif 5 negara Asean ini mencakup kerja sama pindai cepat atau QR Cross-border, fast payment, dan transaksi mata uang lokal atau local currency settlement (LCS).
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 14 Juli 2022  |  12:22 WIB
Siap-Siap! Transaksi QR Code Dapat Dilakukan dengan 5 Negara Asean
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan kerja sama regional di 5 negara Asia Tenggara atau Asean 5, terkait dengan implementasi transaksi pembayaran lintas negara (cross border payment) ditargetkan berlangsung pada November mendatang.

Perry menuturkan inisiatif 5 negara Asean ini mencakup kerja sama pindai cepat atau QR Cross-border, fast payment, dan transaksi mata uang lokal atau local currency settlement (LCS). Kelima negara tersebut adalah Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

“Kami akan bekerja sama dan menargetkan pada November mendatang, para pemimpin bank sentral kelima negara bakal menandatangani nota kesepahaman. Ini adalah visi singkatnya,” ujar Perry dalam satu diskusi side event G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis (14/7/2022).

Perry menambahkan bahwa langkah selanjutnya dari inisiatif ini ada menuju kerja sama dalam tingkat yang lebih tinggi secara global. Dari hanya lima negara menuju konektivitas pembayaran di seluruh Asean. Hal ini juga akan terhubung ke proyek inisiatif global.

Dia juga mengapresiasi kesepakatan para pemimpin negara G20 yang telah memberikan mandat untuk mendirikan Financial Stability Board (FSB). Menurutnya, hal ini menjadi acuan bank sentral sekaligus visi untuk bergerak dari lingkup regional menuju global.  

“Di luar itu, tentunya kami juga memikirkan cross settlement dan infrastruktur pembayaran lainnya secara waktu nyata atau real time,” pungkasnya.

Terkait dengan pembayaran lintas negara ini, BI sebelumnya telah melakukan uji coba QR Cross-border dengan Malaysia dan Thailand. Ini memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code.

Sementara itu, kerja sama transaksi dengan mata uang lokal dalam rangka menjaga ketahanan nilai tukar juga terus digenjot oleh bank sentral. Sejauh ini, LCS telah disepakati antara Indonesia dengan Malaysia, Thailand, Jepang, dan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gubernur bi perry warjiyo cross border payment
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top