Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba BCA Life Tumbuh 73,9 Persen di Paruh 2022

Kendati premi terbilang stagnan, kinerja laba sepanjang semester I/2022 ini didorong tingkat perbaikan perekonomian dan investasi di Indonesia secara umum.
Karyawan beraktivitas di dekat logo PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) di Jakarta, Selasa (15/2/2022)./Bisnis-Suselo Jati
Karyawan beraktivitas di dekat logo PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) di Jakarta, Selasa (15/2/2022)./Bisnis-Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) mencatatkan pertumbuhan laba hingga 73,9 persen (year-on-year/yoy) secara tahunan menjadi Rp13,2 miliar.

Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life Christine Setyabudhi mengungkap kinerja positif sepanjang semester I/2022 ini turut didorong tingkat perbaikan perekonomian dan investasi di Indonesia secara umum.

"BCA Life senantiasa menjaga kepercayaan nasabah dengan melihat peralihan dan perubahan yang terjadi sebagai sebuah peluang untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan bagi nasabah," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (16/7/2022).

Adapun, perusahaan asuransi anak usaha PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) mencatatkan pertumbuhan nilai aset 24,64 persen secara tahunan menjadi Rp2,26 triliun.

Pendapatan premi BCA Life sebesar Rp755,23 miliar memang terbilang stagnan, minus 0,37 persen (yoy) ketimbang tahun lalu. Namun, klaim dan manfaat dibayar sebesar Rp294,6 miliar, turun 17,04 persen yoy ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, BCA Life memiliki posisi cadangan teknis yang kuat sebesar Rp1,57 triliun, tumbuh 28,97 persen (yoy). Hingga Juni 2022, BCA Life mencatat telah memberikan perlindungan kepada 605.122 nasabah.

Mempertimbangkan kondisi perekonomian global yang semakin membaik, Christine optimistis pihaknya dapat mengejar target positif hingga penghujung periode 2022.

BCA Life berkomitmen untuk selalu mempertahankan kinerja layanan serta memberikan perlindungan dan pengalaman berasuransi yang mengesankan bagi nasabah, mitra bisnis, dan masyarakat Indonesia melalui berbagai solusi dan layanan berbasis digital untuk memudahkan akses masyarakat terhadap produk perlindungan asuransi jiwa terbaik.

"Kami selalu memastikan nasabah dan mitra bisnis dapat terus mengakses produk dan layanan kami dari manapun dan kapanpun. Oleh karena itu, banyak proses penjualan dan layanan yang telah diubah menjadi berbasis digital untuk memberikan customer experience yang unik dan mudah," tambahnya.

Misalnya, portal penjualan online mylifeguard.id yang telah mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013, program referral untuk menjadi agen atau pembelian produk perlindungan jiwa melalui ajaktemanmu.bcalife.co.id, aplikasi BCA Life Mobile Service yang dapat diakses oleh nasabah individu, dan aplikasi BCA Life Health Protection bagi peserta asuransi kesehatan.

Selain itu, BCA Life juga mengoptimalkan aplikasi Virsa untuk melakukan pembelian polis, serta kemudahan mengakses informasi polis secara digital melalui e-polis. Tak hanya itu, nasabah juga dapat menghubungi layanan layanan konsumen secara gratis dan mudah melalui fitur chat pada aplikasi Halo BCA dan sosial media resmi BCA Life.

Selain fokus dalam mengembangkan ekosistem digital, BCA Life juga sedang fokus menggarap jalur distribusi produk-produk perlindungan jiwa melalui jaringan agen untuk semakin memperluas dan mempermudah akses bagi masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper