Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tugu Insurance Kolaborasi dengan DAI Adakan Webinar “TemanAsuransi”

Survei tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan Indonesia hanya mencapai 38,03%, dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 28 September 2022  |  09:52 WIB
Tugu Insurance Kolaborasi dengan DAI Adakan Webinar “TemanAsuransi”
Foto: Dok. Tugu Insurance
Bagikan

Bisnis,com, JAKARTA – Literasi Keuangan terus gencar dilakukan oleh seluruh pelaku industri jasa keuangan dan pemerintah untuk mendorong percepatan ekonomi nasional. Namun, saat ini literasi keuangan masyarakat Indonesia masih terbilang cukup rendah.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLK) yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan Indonesia hanya mencapai 38,03%, dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Hal ini menunjukkan masyarakat Indonesia secara umum belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal.

Berangkat dari survei ini Dewan Asuransi Indonesia (DAI) bersama PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) mengadakan kegiatan yang disebut dengan nama Temansuransi. Program Temansuransi ini sendiri bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai dunia perasuransian dalam bentuk sosialisasi dan kerja lapangan bagi mahasiswa Indonesia dengan harapan dapat membangun mahasiswa Indonesia yang sadar asuransi, berakhlak mulia, bijaksana, berkeahlian khusus di bidang asuransi, memiliki disiplin dan berdaya saing tinggi serta ikut dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Dalam kegiatan yang rencananya diadakan pada bulan September hingga November 2022 ini mengangkat tema ‘Yuk, Persiapkan Karier dan Kelola Keuangan Lebih Matang!’. Kegiatan dilakukan dalam bentuk webinar, yang bertujuan untuk memberikan literasi keuangan dan edukasi kepada para mahasiswa di 6 Perguruan Tinggi terpilih. Kegiatan ini dilakukan secara daring, agar dapat memudahkan dan melibatkan lebih banyak peserta. Tidak hanya memberikan edukasi untuk literasi keuangan, tetapi kegiatan ini juga memberikan materi tentang pengenalan karir bagi mahasiswa, khususnya karir dalam dunia asuransi.

Dalam webinar ini, Tugu Insurance melibatkan narasumber ahli yang merupakan certified financial planner, untuk memberikan edukasi dan tips tentang cara melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang dapat dengan mudah untuk dilakukan oleh para mahasiswa. Selain itu, Tugu Insurance juga melibatkan narasumber dari internal karyawan Tugu Insurance sendiri, untuk berbagi cerita mengenai berkarier di industri asuransi.

Kegiatan ini ditargetkan akan diikuti setidaknya oleh 900 mahasiswa yang dikerjasamakan dengan 6 Perguruan Tinggi. Pada 7 September 2022 lalu, webinar telah dilakukan bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), yang dihadiri oleh 195 mahasiswa. Kemudian dilanjutkan pada 9 September 2022 dilaksanakan kegiatan berkerja sama dengan Institut Teknologi Bandung  (ITB) yang dihadiri oleh 154 mahasiswa.

Selanjutnya Tugu Insurance akan menyelenggarakan kegiatan ini di beberapa Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan literasi keuangan dapat meningkat dan akan bermanfaat bagi mahasiswa di kemudian hari.

Rudi Donardi selaku Coporate Secretary Tugu Insurance menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan wujud dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Tugu Insurance yang dikenal dengan nama Bakti Tugu. Kami berharap Tugu Insurance dapat berkontribusi dalam meningkatkan literasi keuangan, khususnya industri asuransi, di masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK tugu pratama indonesia tugu insurance keuangan
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top