Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bank Mandiri (BMRI) Ungkap Tantangan Ciptakan Ekonomi Hijau

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengungkap tantangan untuk ciptakan ekonomi hijau.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 02 November 2022  |  18:24 WIB
Bank Mandiri (BMRI) Ungkap Tantangan Ciptakan Ekonomi Hijau
Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Darmawan Junaidi memberikan paparan diacara Mandiri Sustainability Forum, Jakarta, Rabu (2/11). JIBI/Bisnis - Abdurachman\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyampaikan terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi dalam menciptakan ekonomi hijau di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam konferensi pers Mandiri Sustainability Forum (MSF) 2022, Rabu (2/11/2022).

“Memang tantangan ke depan pasti akan kita hadapi terutama yang terkait dengan best practice, knowledge, maupun teknologi yang masih ada gap di para pelaku usaha di Indonesia,” kata  Darmawan.

Darmawan mengungkapkan, ini merupakan tantangan bagi Bank Mandiri untuk terus mengakselerasi baik dari sisi para pelaku usaha maupun di sektor industri keuangan.

Di sektor energi terbarukan salah satunya. Sektor ini terus menghadapi berbagai perlambatan proses konversi di mana sebelumnya sejumlah negara sudah mulai tidak menggunakan energi fosil. Namun, pada akhirnya kembali menggunakan brown energy akibat adanya krisis energi global.

Kondisi ini, kata Darmawan, memerlukan upaya yang ekstra apalagi untuk perekonomian Indonesia yang membutuhkan pembiayaan yang jauh lebih besar.

Kemudian, tantangan di industri keuangan. Darmawan menyebut, pembiayaan untuk energi terbarukan memerlukan pembiayaan dengan tenor yang panjang dan sebagian besar dalam valuta asing.

“Tentunya ini merupakan tantangan yang harus kita address sehingga memang komitmen terhadap NDC dan NZE bisa kita wujudkan,” ujarnya.

Namun demikian, menurut Darmawan, kunci utama dalam menciptakan ekonomi hijau di Indonesia adalah kolaborasi dari seluruh pihak, tidak hanya dari pelaku usaha dan industri keuangan, tapi juga dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan seluruh stakeholder.

Sinergi tersebut, diharapkan dapat mengembangkan ekosistem pembiayaan hijau, sesuai dengan best practice dan mendukung transisi energi ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri ekonomi hijau
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top