Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa itu Kartu Kredit? Ini Fungsi, Jenis dan Syarat Membuatnya

Kartu kredit adalah alat pembayaran secara non tunai dengan menggunakan yang diterbitkan oleh bank. Simak penjelasan lengkapnya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 08 November 2022  |  09:35 WIB
Apa itu Kartu Kredit? Ini Fungsi, Jenis dan Syarat Membuatnya
Jenis-jenis kartu kredit di perbankan - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kartu kredit adalah alat pembayaran secara non tunai dengan menggunakan kartu yang diterbitkan oleh sebuah bank. Kartu kredit dapat membantu nasabah untuk melakukan transaksi di awal dan dibayarkan oleh bank, namun akhirnya nasabah harus membayar nominal yang sudah ditentukan oleh pihak bank setiap awal bulan ke bank yang bersangkutan. 

Tentunya tagihan yang diberikan oleh bank kepada nasabah berupa pinjaman pokok, bunga dan biaya lainnya. Dengan menggunakan kartu kredit bank memfasilitasi nasabahnya untuk memiliki waktu fleksibel dalam transaksi. Selain itu, di dalam kartu kredit terdapat fasilitas seperti promo penggunaan dan discount yang didapat oleh penggunanya. 

Berikut ini beberapa hal tentang kartu kredit yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Jenis kartu kredit

  • Kartu kredit silver 
    Kartu ini memiliki limit kartu kredit yang paling rendah sekitar Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000. umumnya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan minimal Rp3.000.000 per bulannya. 
  • Kartu kredit platinum 
    Kartu ini memiliki limit kredit sekitar Rp40.000.000 hingga Rp1.000.000.000. umumnya dapat diajukan oleh nasabah yang berpenghasilan minimal Rp180.000.000.
  • Kartu kredit gold 
    Kartu ini memiliki limit kartu kredit sekitar Rp10.000.000 hingga Rp40.000.000. umunya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan sekitar Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000
  • Kartu kredit titanium 
    Kartu kredit ini sangat terbatas pemiliknya. Tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit ini, karena hanya diundang secara langsung oleh bank yang akan mendapatkan kartu ini. Karena proses kepemilikannya yang dipilih oleh bank, maka tidak pasti apakah persyaratan dari kartu kredit titanium ini. 
  • Kartu kredit spesial 
    Kartu kredit ini tidak tersedia secara general, seperti misalnya kartu kredit dengan brand Visa yang mengeluarkan kartu Visa Signature dan Visa Infinite. Kartu kredit Visa Signature dan visa Infinite tidak diperuntukkan untuk kalangan yang biasa saja. Kedua kartu ini diperuntukkan oleh mereka pengusaha besar dengan aset milyaran, pengacara hingga dokter terkenal. 

2. Fungsi kartu kredit

  • Penolong dalam keadaan darurat
    Kartu ini menjadi alat yang dapat membantu kamu dalam melakukan pembayaran yang sifatnya darurat atau jika kamu kesulitan dalam memperoleh uang tunai secara cepat. 
  • Pengeluaran lebih tertata 
    Kamu akan mendapatkan catatan setiap transaksi yang kamu lakukan dalam sebuah lembar tagihan di setiap bulannya. Tagihan tersebut tentu berisi semua transaksi yang kamu lakukan menggunakan kartu kredit. Dengan adanya lembar transaksi tersebut, pengeluaran kamu di setiap bulannya akan dilacak sehingga pengeluaran kamu bisa lebih tertata dan kamu bisa mengatur keuangan kamu jadi lebih bijak. 
  • Memberikan perlindungan tambahan atas pembelian 
    Beberapa perusahaan atau bank penerbit kartu kredit biasanya akan bersedia membantu kamu dalam menyelesaikan masalah seputar pembelian suatu produk. Jika dari pihak penjual bersedia mengambil kembali produk yang cacat dan tidak memuaskan, kamu bisa mencoba menghubungi penerbit kartu kredit dengan catatan, penerbit kartu kredit tersebut memang menawarkan fasilitas perlindungan yang dimaksud. 

3. Persyaratan untuk buat kartu kredit

  • Minimal pemegang kartu utama adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Minimal pemegang kartu tambahan minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Fotokopi keterangan penghasilan atau slip gaji.
  • Kartu identitas berupa KTP/SIM atau Paspor.
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang sudah memiliki).
  • Fotokopi akte pendirian perusahaan (TDP) dan SIUP (untuk pengusaha).
  • Fotokopi rekening 3 bulan terakhir (untuk pengusaha).
  • Fotokopi keterangan izin praktik (untuk professional).

Itulah penjelasan mengenai kartu kredit, jadi apakah kamu tertarik untuk mengajukannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit kartu kredit perbankan bank kartu visa tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top