Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Ekspansi Bisnis Retail, BSI (BRIS) Luncurkan Fitur Pembiayaan via BSI Mobile

Bank Syariah Indonesia luncurkan dua fitur pembiayaan via aplikasi BSI Mobile.
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) meluncurkan dua fitur baru pengajuan pembiayaan secara online melalui BSI Mobile yakni pembiayaan BSI OTO dan pembiayaan BSI Cicil Emas.

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih menjelaskan peluncuran fitur baru tersebut diharapkan dapat memacu ekspansi bisnis pada sektor retail.

“Perseroan secara kontinu terus berinovasi pada channel digital BSI. Kami optimis bahwa peluncuran fitur pembiayaan Ritel melalui BSI Mobile dapat mengakselerasi bisnis retail di awal tahun ini,” katanya.

Adapun, BSI OTO merupakan fitur pengajuan pembiayaan kendaraan mobil baru, mobil bekas dan motor baru. Sementara pada tahap awal ini, BSI menargetkan pembiayaan BSI OTO tembus Rp 60 miliar.

Target tersebut sejalan dengan minat masyarakat terhadap pembiayaan BSI OTO terbukti baik, tercatat per Desember 2022, pembiayaan BSI OTO mencapai Rp 2.76 Triliun tumbuh 44.04 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Di samping itu, BSI juga turut mengakselerasi BSI Cicil Emas secara online yang bisa diakses dimanapun sesuai dengan jam layanan. BSI Cicil Emas menjadi salah satu alternatif investasi jangka pendek maupun menengah melalui Logam Mulia.

Dari sisi ketentuan syariah, cicil emas juga telah mendapatkan Fatwa DSN MUI No 77/DSN-MUI/V/2010. Pembiayaan menggunakan akad Murabahah dan pengikatan agunan dengan menggunakan akad rahn (gadai).

Sementara dari sisi keamanan, emas yang dicicil oleh nasabah disimpan dan diasuransikan secara baik di BSI.

Inovasi ini diluncurkan seiring pertumbuhan positif produk cicil emas  dengan pertumbuhan secara ypy sebesar Rp759 Miliar (85,89 persen) dari posisi Desember 2021 sebesar Rp884 Miliar ke posisi Desember 2022 sebesar Rp1.644 Miliar.

Untuk diketahui sebelumnya, BRIS belakangan tengah berencana meluncurkan aplikasi super atau super app pada tahun ini. Aplikasi tersebut ditujukan untuk menjangkau ekosistem syariah yang lebih luas.

Direktur Teknologi Informasi BSI Achmad Syafii mengatakan bahwa dalam waktu dekat BSI Mobile akan menuju super app. "Akan ada nama khusus, sekarang dalam proses finalisasi," katanya dalam paparan kinerja BSI beberapa waktu lalu.

Ke depan, super app di BSI akan mengakomodasi berbagai fungsi atau fitur, seperti finansial dalam hal transfer, pembayaran, pembiayaan, hingga investasi. Kemudian, fungsi spiritual untuk penunjuk arah kiblat, lokasi mesjid, serta waktu sholat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper