Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Finansial: Nasabah Bumiputera Bakal Demo dan Deretan Aset Bumiputera Siap Dilego

Kabar mengenai perkembangan kasus Bumiputera mendapat banyak perhatian pembaca Kanal Finansial Bisnis.com.
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang AJB Bumiputera, di Jakarta, Selasa (7/11/2017)./JIBI-Endang Muchtar
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang AJB Bumiputera, di Jakarta, Selasa (7/11/2017)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Berita terkait perkembangan penyehatan Bumiputera menjadi topik yang paling dicari pembaca Kanal Finansial Bisnis.com.

Beberapa berita terpopuler yaitu mengenai sekelompok nasabah Bumiputera yang akan melangsungkan demo untuk menolak skema pembayaran klaim dan deretan aset Bumiputera siap dijual untuk proses penyehatan perusahaan.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com:

1. Sekelompok Nasabah Bumiputera Bakal Demo Tolak Skema Pembayaran Klaim

Nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 yang tergabung dalam Tim Biru Korban Gagal Bayar Bumiputera akan melakukan aksi penolakan kebijakan penurunan nilai manfaat (PNM).

Aksi rencananya digelar pada Selasa, 28 Februari 2023 di Wisma Bumiputera Jalan Jenderal Sudirman kav. 75, Jakarta Selatan pukul 09.00 WIB.

Koordinator Peliputan Tim Biru Korban Gagal Bayar Bumiputera Inten mengatakan bahwa kebijakan PNM telah merugikan pemegang polis. Pasalnya, klaim polis tidak dibayarkan seluruhnya atau 50 persen dari total klaim.

2. Deretan Aset Bumiputera Siap Dilego, dari Hotel hingga Saham

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 telah melaksanakan Rencana Penyehatan Keuangan (RPK).

Dalam kesempatan tersebut diatur pula soal pelepasan dan penjualan aset sebagai sumber pendanaan untuk pembayaran klaim tertunda.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera RM Bagus Irawan menjelaskan saham Marein yang dimiliki akan dilepas.

Beberapa aset milik AJB Bumiputera 1912 di antaranya Hotel Bumi Surabaya, Tanah TB Simatupang, joint venture Gedung Wisma, dan Tanah Setiabudi juga akan diproses.

3. Bumiputera Sebut 10.000 Pemegang Polis Setuju dengan Penurunan Nilai Manfaat

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 sedang menjalankan Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) dengan penurunan nilai manfaat polis (haircut).

Sejumlah pemegang polis (pempol) disebut telah menyatakan setuju dan menandatangani surat pernyataan persetujuan penurunan nilai manfaat tersebut.

Hal itu berdasarkan informasi yang diterima dari 20 wilayah kantor AJB Bumiputera 1912 yang tersebar dari ujung Aceh sampai Papua.

4. Akan Gelar Buyback, Bank OCBC NISP Siapkan Dana Rp500 Juta

PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP) berencana menggelar aksi korporasi melalui pembelian kembali saham (buyback) maksimal Rp500 juta.

Direktur NISP Hartati menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelian kembali saham tersebut dalam rangka pemberian remunerasi yang bersifat variabel kepada manajemen dan karyawan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 45/POJK.03/2015.

"Pembelian kembali saham dilakukan perseroan dalam rangka pemberian remunerasi yang bersifat variable atas kinerja tahun 2022 kepada manajemen dan karyawan perseroan," jelasnya dalam keterangannya yang dibagikan pada keterbukaan informasi, dikutip Sabtu (26/2/2023).

5. Sempat Terkendala Krisis Chip, BCA Pede Kredit Mobil Lebih 'Ngegas' Tahun Ini

BCA Group optimistis kredit kendaraan bermotor akan tetap tumbuh tahun ini usai sempat dihadapkan oleh keterbatasan suplai kendaraan, khususnya chip semikonduktor.

Direktur BCA Finance Petrus S. Karim mengatakan bahwa tahun ini dinilai menjadi waktu yang tepat untuk sektor kendaraan bermotor untuk kembali memacu penjualannya usai menghadapi fenomena krisis chip semi konduktor pada 2022.

“Dengan situasi kelangkaan chip tahun lalu, yang paling terdampak adalah mobil-mobil premium sehingga penjualannya agak merangkak. Akan tetapi mobil-mobil yang biasa dipakai harian, seperti Avanza, Xenia, dan sebagainya hampir tidak ada kendala," jelas Petrus pada agenda BCA Expoversary 2023, di Tangerang dikutip pada Sabtu (25/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper