Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, BI Layani Penukaran Uang Baru Rp3,8 Juta Per Paket

Bank Indonesia (BI) melayani penukaran uang baru senilai Rp3,8 juta per paket untuk kebutuhan jelang Lebaran 2023.
Kegiatan penukaran uang tunai yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di kawasan Monumen Nasinonal (Monas) Jakarta, Jumat (17/5/2019). Dok. BI
Kegiatan penukaran uang tunai yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di kawasan Monumen Nasinonal (Monas) Jakarta, Jumat (17/5/2019). Dok. BI

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang baru untuk menyambut Ramadan dan Lebaran 2023 dengan uang tunai yang disiapkan sebesar Rp195 triliun. Adapun, BI menyediakan penukaran uang senilai Rp3,8 juta per paket. 

Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S Budiman menyampaikan bahwa BI bersama dengan 55 perbankan akan menyediakan layanan penukaran uang di sebanyak 5.066 titik.

“Layanan penukaran uang akan dilakukan mulai 20 Maret hingga 20 April dan pelaksanaan kick-offnya pada 21-27 Maret di seluruh Indonesia. Layanan penukaran di seluruh Indonesia di mulai 27 Maret, sementara kalau di kantor pusat sudah mulai per hari ini,” katanya dalam acara Serambi 2023, Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri, Senin (20/3/2023).

Aida mengatakan penukaran uang baru dapat dilakukan melalui aplikasi Pintar dan datang langsung ke titik penukaran. BI menyediakan paket penukaran uang sebesar Rp3,8 juta, dengan pecahan mulai dari Rp1.000 hingga Rp20.000.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengatakan penetapan paket penukaran sebesar Rp3,8 juta dimaksudkan agar distribusi uang baru merata di masyarakat.

Terkhusus layanan yang diadakan BI, kegiatan penukaran uang baru akan  dilakukan di tempat-tempat keramaian, seperti di terminal, stasiun, pasar, dan lainnya.

Selain itu, BI melakukan kegiatan di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) melalui susur sungai. Dia mengatakan BI sudah mulai di beberapa tempat, dan Ramadan ini akan kita perkuat di wilayah Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah, juga beberapa daerah lain di pesisir sungai yang tidak terjangkau oleh bank.

"Yang penting lagi kita akan lakukan kegiatan jalur mudik, ini dalam rangka mendukung hari besar keagamaan nasional, di mana tahun ini kita hidupkan kembali layanan di jalur mudik, pertama di km 57,” jelasnya.

Layanan penukaran uang juga akan diadakan di titik-titik penyeberangan yang ramai, seperti di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, Banyuwangi, Mataram, dan Batam.

“Ada masukan dari masyarakat, kegiatan akan kita lakukan di halaman masjid ÿang lebih nyaman bagi masyarakat, di Jakarta Pusat ada di Masjid Istiqlal, Al-Azhar, At-Tin, di Jakarta Utara, Tanjung Priok, Islamic Center, Masjid KH Hasyim Asy’ari pada 3-14 April 2023. Di satu tempat itu paling tidak ada 2-3 bank ada disana,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper