Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kode OTP Bisa ke WhatsApp, Ternyata Ini Penyedia Layanannya

Demi mengembangkan kenyamanan dan keamanan, layanan switching Alto manfaatkan WhatsApp untuk kode OTP.
Peluncuran Kemitraan Visa dan Alto dalam Pemrosesan Kartu Debit Domestik di Indonesia, Kamis (10/6/2021)
Peluncuran Kemitraan Visa dan Alto dalam Pemrosesan Kartu Debit Domestik di Indonesia, Kamis (10/6/2021)

Bisnis.com, JAKARTA - Penyediaan layanan transaksi antar bank serta institusi finansial, PT Alto Network (Alto), memberikan layanan one-time password (OTP) melalui WhatsApp guna membantu penyedia layanan finansial memberikan pelayanan anti hacker.

Chief of Business ALTO Gretel Griselda menerangkan memahami tantangan yang dihadapi bisnis dalam lanskap yang dinamis saat ini, sehingga langkah cepat dan efisien menjadi penting untuk pengembangan bisnis. 

Perusahaan dapat meningkatkan tingkat keamanan transaksi dengan menggunakan solusi pengiriman OTP bagi pelanggannya melalui integrasi yang mudah, cepat, dan aman. 

"ALTO merupakan perusahaan infrakstruktur pembayaran sistemik dan penyelenggara penunjang sistem pembayaran yang telah berpengalaman memproses transaksi dengan tingkat keamanan sesuai standar perbankan," ungkapnya dalam keterangan, Kamis (1/6/2023). 

ALTO sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) dan Penyelenggara Penunjang Sistem Pembayaran, menghadirkan solusi WhatsApp OTP (One-Time Password) dan WhatsApp Commerce pertama di Indonesia. 

WhatsApp OTP (One-Time Password) dan WhatsApp Commerce sendiri telah dikembangkan oleh META, sebagai solusi inovatif yang merupakan bagian dari WhatsApp Business Platform ini bertujuan untuk membantu pelaku bisnis dan pelanggan terhubung dengan cepat, mudah, dan aman.

Sejak berdiri dan beroperasi di tahun 1994, ALTO telah melayani berbagai bank serta institusi finansial terkemuka di Indonesia. Selama 2022, ALTO telah memproses 800 juta transaksi finansial dengan nilai GTV (Gross Transaction Volume) yang mencapai Rp802 triliun. 

Adapun WhatsApp, yang merupakan bagian dari META, saat ini telah memiliki 2 miliar pengguna di lebih dari 180 negara. Hal ini menjadikan WhatsApp sebagai cara yang mudah, andal, dan terpercaya untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan bisnis, kapan pun dan di mana pun.

Berbekal pengalaman ALTO dan jangkauan luas serta familiaritas WhatsApp tersebut, ALTO menghadirkan WhatsApp OTP dan WhatsApp Commerce pertama di Indonesia.

Layanan pengiriman OTP melalui WhatsApp saat ini memang telah banyak digunakan oleh pelaku bisnis di Indonesia dengan menggunakan jalur API (Application Programming Interface) yang sama dengan API percakapan biasa. 

Namun, apa yang membedakan layanan OTP yang ditawarkan oleh ALTO adalah penggunaan jalur API khusus untuk pengiriman OTP dengan standar keamanan perbankan dan enkripsi yang menyeluruh (end-to-end). Hal ini sebagai jawaban atas tantangan dunia digital saat ini dengan semakin maraknya kejahatan siber (cybercrime) di Indonesia.

Selain itu, solusi OTP ini juga diharapkan dapat membantu pelaku bisnis dengan harga yang lebih kompetitif dibandingkan OTP melalui SMS (Short Message Service) yang telah ada selama ini.

"Kami percaya bahwa dengan solusi ini, bisnis akan mengalami peningkatan efisiensi, kinerja, dan keunggulan kompetitif di pasar," tambah Gretel.

Selain WhatsApp OTP, ALTO juga menghadirkan WhatsApp Commerce dengan menggandeng PT MCP Indo Utama (MCPayment) selaku Payment Gateway. 

Solusi ini membantu pelaku bisnis yang sudah terdaftar di META (dengan status verified) untuk membuat katalog serta memamerkan produk dan layanan mereka di WhatsApp Business sehingga mempermudah pelanggannya untuk melakukan pemesanan, pembelian, melakukan pembayaran, hingga pengantaran produk. 

“WhatsApp Commerce ini kami hadirkan guna mendukung pertumbuhan ekonomi, khususnya untuk pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia dalam mengembangkan bisnis mereka, karena sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia adalah salah satu pengguna WhatsApp terbesar di dunia,” kata Gretel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper