Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI (BBRI) Kucurkan Pinjaman ke Fintech Rp200 Miliar per Mei 2023

BRI (BBRI) tercatat menyalurkan pinjaman ke pemain financial technology (fintech) lending sebesar Rp200 miliar per Mei 2023.
ATM BRI/badami.bandung
ATM BRI/badami.bandung

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menyampaikan bahwa perusahaan turut menyalurkan pinjaman ke pemain financial technology (fintech) lending atau pinjaman online (pinjol). 

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto menuturkan bahwa BRI melakukan kolaborasi dengan fintech lending dalam rangka penyaluran pinjaman jangka pendek berbasis transaksi dengan kemudahan tanpa agunan tambahan.

“Hingga akhir Mei 2023 tercatat outstanding pinjaman BRI melalui fintech sekitar Rp200 miliar,” kata Aestika kepada Bisnis, Senin (17/7/2023).

Aestika menjelaskan bahwa prosedur pelayanan tersebut dilakukan dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dengan service level agreement (SLA) yang lebih cepat dengan biaya overhead cost (OHC) yang lebih murah.

Merujuk data Statistik Fintech Lending edisi Mei 2023, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat outstanding pinjaman untuk kategori pemberi pinjaman (lender) dari institusi perbankan meningkat 89,62 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Nilai outstanding tersebut tumbuh dari Rp12,63 triliun menjadi Rp23,94 triliun pada Mei 2023.

Begitu pula dengan jumlah rekening pemberi pinjaman di institusi perbankan yang melonjak lebih dari 36 kali lipat dari periode yang sama 2022. Posisinya melesat dari semula hanya 213 entitas pada Mei 2022 menjadi 7.702 entitas pada lima bulan pertama 2023.

Jika dilihat secara terperinci, pemberi pinjaman fintech lending dari bank umum masih mendominasi di institusi perbankan dengan outstanding pinjaman Rp21,96 triliun atau naik 88,48 persen yoy dari Rp11,65 triliun pada Mei 2022.

Sementara itu, jumlah rekening pemberi pinjaman dari bank umum terpantau naik dari 91 entitas pada Mei 2022 kini menjadi 7.345 entitas pada Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper