Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vietnam Kini Mulai Terapkan Pembayaran QRIS, Belanja Lebih Mudah!

Susul Malaysia dan Thailand, Vietnam resmi menandatangani perjanjian penggunaan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran yang mudah.
ilustrasi QRIS/Bank Indonesia
ilustrasi QRIS/Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bakal segera bisa digunakan di Vietnam.

Pada hari ini, Jumat (25/8/2023), State Bank of Vietnam (SBV) melakukan penandatanganan amandemen Nota Kesepahaman (NK) inisiatif Regional Payment Connectivity (RPC).

Sebelumnya, kerja sama konektivitas pembayaran kawasan telah ditandatangani oleh Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT) pada November 2022. 

“Tahun lalu sudah 5 negara yang siap, sekarang Vietnam. Selanjutnya, Brunei Darussalam segera, saat ini sedang persiapan,” katanya dalam press statement penandatanganan MoU RPC.

Perry menyampaikan, kerja sama konektivitas sistem pembayaran kawasan terutama ditujukan untuk memperkuat dan mengembangkan sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, lebih murah, lebih transparan, dan inklusif. 

Kerja sama ini akan memayungi berbagai bentuk kerja sama, termasuk konektivitas QR dan fast payment antar negara, sehingga transaksi diharapkan dapat dilakukan dengan lebih mudah, nyaman, dan terjangkau. 

Dengan bergabungnya Vietnam pada kerja sama RPC, maka jumlah partisipan bertambah dari lima negara menjadi enam negara. 

Kerja sama ini pun diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi pascapandemi dan memfasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat Asean. Termasuk pada sektor pariwisata dan jasa lainnya.

Perluasan juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi UMKM, yang menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Penguatan konektivitas sistem pembayaran ke depan diharapkan dapat memberikan insentif untuk meningkatkan perdagangan dan remitansi di kawasan. 

Perry menambahkan, perluasan kerja sama konektivitas sistem pembayaran akan terus diperkuat dan diperluas dengan negara mitra strategis lain di kawasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper