Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Maybank Marathon, 2.000 Bibit Mangrove Ditanam di Bali

Kegiatan penanaman 2.000 bibit magrive di Bali merupakan bagian dari target Grup Maybank mencapai Posisi Netral Karbon pada 2030.
Acara Mangrove Tree Planting, Jumat (25/8/2023)/Bisnis-Hendra Wibawa
Acara Mangrove Tree Planting, Jumat (25/8/2023)/Bisnis-Hendra Wibawa

Bisnis.com, DENPASAR -- PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) menegaskan komitmennya dalam program keberlanjutan dengan menanam 2.000 bibit mangrove di Mangrove Arboretum Park, Tanjung Benoa, Bali.

Komisaris Independen Maybank Indonesia Budhi Dyah Sitawati manyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan bagian dari target Grup Maybank mencapai Posisi Netral Karbon pada 2030.

“Penanaman bibit mangrove hari ini bukan sekadar simbol, melainkan sebagai representasi dari aksi nyata Maybank Indonesia dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” katanya dalam acara Mangrove Tree Planting, Jumat (25/8/2023). 

Menurutnya, mangrove tidak hanya berfungsi sebagai penyerap karbon, tetapi juga berfungsi sebagai benteng alami yang dapat melindungi ekosistem pesisir serta mendukung keanekaragaman hayati. 

Inisiatif itu mencerminkan komitmen Mangrove dalam mewujudkan dan berkontribusi pada beberapa poin SDGs yang krusial, termasuk sebagai tindakan untuk menyikapi perubahan iklim hingga membangun kemitraan untuk mencapai tujuan tersebut.

Chief Sustainability Officer Maybank Group Shahril Azuar Jimin menyampaikan bahwa grup Maybank telah menetapkan empat target utama untuk keberlanjutan. 

Pertama, memobilisasi RM80 miliar untuk mendukung keberlanjutan sampai dengan hingga 2025. 

Pada tahun keuangan 2022, grup Maybank telah menyalurkan RM38,8 miliar setara US$8,5 miliar yang fokus pada investasi energi terbarukan dan solusi karbon rendah. 

Kedua, grup Maybank berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup bagi 2 juta rumah tangga di kawasan Asean hingga 2025. 

Grup Maybank telah berhasil membantu sebanyak 969.091 rumah tangga hingga akhir tahun keuangan 2022. 

Salah satu program yang memiliki tujuan dalam meningkatkan kualitas hidup seperti, Program Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (R.I.S.E.) telah berhasil memberi dampak positif kepada lebih dari 19.000 peserta program di seluruh kawasan Asean. 

Demikian juga, sebanyak 30 lebih peserta program RISE dari Bali juga akan berpartisipasi dalam Maybank Marathon 2023 pada kategori wheelchair pada hari Minggu (27/8/2023).

Ketiga, grup Maybank telah berhasil mengurangi 41 persen emisi per akhir tahun keuangan 2022 dalam rangka mencapai Posisi Netral Karbon untuk Emisi Lingkup 1 dan 2 pada 2030, dan Posisi Nol Bersih pada 2050.  

Target keempat grup Maybank terkait keberlanjutan adalah mendedikasikan 1 juta jam per tahun untuk keberlanjutan serta mewujudkan seribu hasil signifikan SDG pada tahun 2025. 

Hingga akhir Juli 2023, grup Maybank telah mencatat sebanyak 1,56 juta jam yang didedikasikan oleh karyawan Maybank untuk terlibat dalam kegiatan yang berbasis volunteerism terkait keberlanjutan. 

Berkaitan dengan penyelenggaraan Maybank Marathon Bali 2023, Maybank Indonesia melalui Yayasan Maybank Indonesia melaksanakan Program Donasi Penanaman Mangrove. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi peserta Maybank Marathon untuk ikut serta dalam upaya pengurangan emisi karbon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper